Zainal M Daud: Orientasi Dukung Tugas Dan Fungsi Anggota Dewan

ERWIN, JAKARTA – Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), terutama fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. DPRD Provinsi Sulawesi Tengah periode 2019 – 2024 Mengikuti Orientasi selama tiga hari terhitung mulai tanggal 31 – 2 November 2019 di Gedung Auditorium Jakarta, yang di dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementrian Dalam Negeri (KEMENDAGRI).

Saat dihubungi via telepon, kamis malam (31/10) Anggota DPRD Sulteng dari Partai PKB Dapil Tolitoli-Buol Drs.H.Zainal M Daud mengatakan kegiatan orientasi ini penting bagi peningkatan kualitas, dan pengetahuan anggota DPRD Sulteng dalam mendukung tugas serta fungsinya dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

“ Kegiatan orientasi ini bertujuan antara untuk memberikan sumbangan pemikiran, serta peningkatan kapasitas dan kompetensi bagi anggota Dewan untuk mengenal pembaharuan tugas anggota legislative yang berlaku saat ini,” jelasnya.

Dalam hal ini anggota Dewan dibekali oleh narasumber agar memiliki kompetensi, dan kemampuan profesi sebagai anggota legislative yang merupakan wakil rakyat, meningkatkan wawasan, pengetahuan, kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia guna mendukung optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas Dewan, serta mempersiapkan peserta dalam memposisikan dirinya di kehidupan berpolitik sesuai tria politika, new public management dan good governance.

“Materi yang yang diberikan tersebut sangat penting bagi anggota Dewan, terutama terkait internalisasi integritas, sistem pemerintahan indonesia, hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah serta isu-isu aktual lain,” Ungkap Zainal

Menurut Zainal M Daud, kegiatan orientasi tersebut, penting untuk memperkuat fungsi kelembagaan DPRD Sulawesi Tengah dalam menjalankan tugas dan fungsi anggota Perwakilan Rakyat nantinya.

“Tentu saja output kegiatan orientasi ini, akan lebih memperkuat fungsi kelembagaan DPRD, dan akan lebih mendorong setiap anggota DPRD untuk lebih berperan aktif dalam perumusan kebijakan, pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah,” jelas salah satu pengurus Dewan Pembina FPII Sulteng itu.

Ditambahkannya, ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam acara orientasi dapat diterapkan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat. “Tujuannya agar amanat yang diberikan oleh rakyat dapat dipertanggunjawabkan sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat,” tandasnya. KABARTODAY.com