Waspada Buaya, Polisi Kahayan Hilir Himbau Jauhi Sungai

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kabar kemunculan buaya di sungai Malang II, Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) yang sempat menghebohkan warga sekitar mendapat perhatian dari jajaran Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulpis, agar menjauhi sekitar sungai.

Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo,SE. mengatakan kegiatan pengecekan tersebut berdasarkan informasi dari warga yang melihat kemunculan seekor buaya di belakang rumahnya pada hari Sabtu (21/02) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Menurut warga, buaya yang muncul itu besarnya sekitar kurang lebih 25 Cm dan panjang 1,5 meter,” ujar Kapolsek saat melakukan pengecekan di Jalan Lintas Kalimantan RT. 06 Desa Mantaren Il, Senin (24/02) malam.

Setelah dilakukan pengecekan, Kapolsek yang saat itu bersama Kepala Desa Mantaren ll, Bhabinkamtibmas serta warga setempat, tidak menemukan keberadaan buaya tersebut.

“Menurut keterangan warga, buaya tersebut memang terkadang ada, namun berbeda-beda ukuran,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Kapolsek, pihaknya bersama Kepala Desa Mantaren ll, besok pagi akan memasang tanda himbauan dan juga akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk ditindak lanjuti.

Widodo juga menghimbau kepada warga agar lebih waspada terhadap lingkungan sekitar khususnya yang masih melaksanakan aktivitas di sungai agar lebih berhati-hati, jangan sampai ada yang menjadi korban.

“Apabila ada yang melihat atau menemukan buaya tersebut, agar segera melaporkan ke Kepolisian, Ketua RT maupun Kepala Desa,” pintanya. KABAR TODAY.COM