Warga Komplek Keluhkan Jalan Berlumpur, Developer Angkat Bicara

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menanggapi pemberitaan di media Kabar Today.com beberapa waktu lalu terkait akses jalan berlumpur dan parit yang airnya membludak ke jalan di Komplek Perumahan Pulang Pisau Permai, Drs. Ibung B. Gani selaku pengembang akhirnya memberikan klarifikasi.

Dirinya meminta pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui dinas terkait untuk segera membuka maupun merawat saluran primer yang berada di kiri kanan Komplek Perumahan Pulang Pisau Permai tersebut.

“Saluran primer yang ada itu sudah dangkal dan diperlukan pemeliharan, sehingga menjadi salah satu penyebab membludaknya air ke jalan di perumahan kita,” jelasnya kepada media ini, Jum’at (22/01).

Untuk pihak developer, dikatakan Ibung, bahwa pihaknya selama ini sudah menjalankan prosedur pengembangan perumahan bersubsidi sesuai dengan aturan dari Kementerian.

“Sesuai dengan peraturan, pihak pengembang diwajibkan menyediakan akses badan jalan, listrik serta penyediaan air bersih. Dan itu sudah kami sediakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta kepada warga komplek supaya saling menjaga lingkungan komplek, khususnya dalam memelihara akses jalan. Untuk sementara tidak dilalui mobil truck yang bermuatan material.

“Dalam waktu dekat, kita akan datangkan batu untuk menimbun jalan di perumahan yang berlubang. Karena kalau cuma ditimbun pasir, pasti larut kebawa air. Tapi, karena di Banjarmasin masih banjir, jadi pesanan batu belum bisa diantar,” tegasnya.

Disinggung terkait seberapa jauh keterlibatan Pemkab Pulang Pisau, Ibung menjelaskan, apabila penghuni di komplek perumahan sudah melebihi 200 KK, maka sudah menjadi kewajiban dari Pemkab untuk memperhatikan kawasan tersebut karena tergolong sudah masuk kawasan skala besar.

“Nanti kita akan meminta tandatangan dari warga komplek yang diketahui RT dan Lurah untuk kita membuat permohonan ke Bapak Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo,” tutupnya. KABAR TODAY.COM