Wakil Bupati Gerak Cepat Tinjau Lokasi Banjir dan Cari Solusinya

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan didampingi Sekda Moh. Asrul Bantilan,S.Sos, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Tolitoli, Sekertaris BPBD Tolitoli, dan lurah kelurahan baru, meninjau meninjau langsung di tiga lokasi sungai dan lokasi banjir yang terjadi kabupaten Tolitoli Kecamatan Baolan, Kamis Pagi (16/09/2021).

Info terjadinya banjir langsung di dapat dari Sekertaris BPBD Tolitoli setelah melihat secara langsung situasi banjir yang terjadi kemarin, Wakil Bupati malam hari segera berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tolitoli untuk mengunjungi lokasi terjadinya banjir di tiga lokasi yang berbeda.

Pukul 09.00 WITA, Wakil Bupati berangkat dari kediamannya menuju lokasi banjir di jalan Lanoni dan melihat langsung sungai Lembeh, Usai meninjau Lokasi banjir Wakil Bupati bertatap muka bersama warga yang terdampak banjir kemarin, disalah satu jalan yang rusak akibat banjir Wakil Bupati meminta kepada sekertaris BPBD untuk segera memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Setelah selesai bertemu dengan warga dan berdiskusi, Saya langsung menyampaikan kebapak bupati, dan sudah berkordinasi dengan bapak Bupati Tolitoli untuk penaganan sungai yang ada diKabupaten Tolitoli, karna saat ini Bapak bupati lagi berada di palu bersama kadis PUPR,” Bebernya.

Dilokasi Sungai Lembeh, Wakil Bupati Tolitoli meminta kepada Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli melalui Bidang sumber Daya Air Dan BPBD agar segera melakukan perhitungan, agar bisa dilakukan pelurusan dan pengerukkan sungai, sebagai antisipasi awal jika terjadi hujan lagi.

“Iya, setelah melihat secara langsung dilokasi banjir dan meninjau beberapa sungai saya sudah memerintahkan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) dan BPBD untuk segera menangani tiga sungai yakni Lembeh, Kampung Kodok, dan sungai Kabelang,” Ungkap Wakil Bupati.

Moh. Besar Bantilan menambahkan, Penganan ketiga sungai tersebut harus segera dilakukan dengan serius agar nantinya di musim penghujan ini tidak lagi terjadi banjir seperti sekarang ini.

“Intinya cari sumber masalahnya, tinjau ulang agar kejadian ini tidak terjadi lagi, bahwa gunung yang ada di sungai lembeh mungkin sudah terjadi erosi, sudah tidak ada pohon, sehingga setiap hujan tiba pasti terjadi banjir. Makanya kita butuh gerakan konservasi, untuk jangka panjangnya, kedua lakukan recovery, biar nanti pemerintah daerah akan lakukan kordinasi dengan provinsi agar bisa segera menangani sungai yang ada di Tolitoli,” kata Wakil Bupati.

Disinggung terkait bantuan makanan yang akan di berikan kepada warga wakil bupati menjelaskan saat ini pemerintah daerah tidak ingin hanya berpangku tangan dan melihat masyarakatnya susah, dan kami akan segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Untuk bantuan makan pemerintah daerah melalui BPBD Tolitoli akan segera menyalurkan bantuan makanan dan air bersih kepada masyarakat yang terdampak banjir,” Pungkasnya ***