Wadir Binmas Polda Sulteng Kunjungi Bawaslu Tolitoli, Untuk Memastikan Kesiapan PSU

ERWIN | TOLITOLI – Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat (Wadir Binmas) Polda Sulteng AKBP Sirajuddin Ramly melakukan Kunjungan Kerja (kunker) di kantor Bawaslu Tolitoli Kamis (25/4), Dalam Kunker Wadir Binmas langsung diterima oleh Ketua Bawaslu Tolitoli Fajar syadik dan dan ditemani Kepala Sekretariat Bawaslu Tolitoli Irpan Supu.

Dalam kunjungannya AKBP Sirajuddin Ramly menjelaskan tentang pentingnya langkah-langkah pengamanan dan pembinaan masyarakat jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS di Kabupaten Tolitoli serta peran aktif Bawaslu dan jajarannya dalam penyampaian informasi PSU kepada masyarakat sekitar wilayah PSU.

“Diskusi bersama ketua Bawaslu dan mantan Kapolres Parigi Moutong ini dilakukan dengan penuh kehangatan”

Wadir Binmas AKBP Sirajuddin Ramly mengatakan bahwa pada pelaksanaan PSU, situasi psikologis masyarakat agak berbeda dengan Pemilu pada umumnya, oleh karena berbagai kepentingan dari para calon maupun peserta pemilu harus berjalan dengan lancar dan aman.

“Apalagi tiga (3) PSU nantinya akan dilakukan di daerah pemilihan (Dapil) yang sama.” ucapnya

Lanjut AKBP Sirajuddin, Olehnya itu Polri mengajak Bawaslu untuk bersama memberikan pesan-pesan kamtibmas yang kondusif menjelang PSU yang ada di daerah pemilihan (Dapil 2).

“Jajaran Bawaslu sebagai pengawas pemilu diharapkan agar menjaga konsisten dalam pengawasan sesuai prosedur dan Mekanisme PSU.” pungkas Sirajuddin

Ketua Bawaslu Tolitoli Fajar syadik saat ditemui wartawan mengatakan bahwa untuk menghadapi PSU, telah di undang jajaran panwascam, PKD dan Pengawas TPS di wilayah yang terjadi PSU, untuk diberikan penguatan-penguatan terkait tekhnis pengawasan PSU serta Pemetaan dan identifikasi beberapa masalah yang kemungkinan terjadi saat PSU berlangsung.

“Bawaslu akan selalu melakukan pengawasan agar tidak terjadi membludaknya Pemilih yang menggunakan Hak Pilih di TPS yang me agadakan PSU, serta mengantisipasi pemilih khusus yang hanya menggunakan KTP.” ucap Fajar

Lanjut Fajar menyampaikan, Olehnya itu pengawas akan selalu menyandingkan daftar pemilih di TPS PSU, dengan daftar pemilih yang ada di TPS terdekat.

“Sebagaimana diketahui berdasarkan penelitian dan Pemeriksaan Pengawas TPS yang berada di TPS 1 Desa Lantapan, TPS 7 Desa Lalos Kecamatan Galang dan TPS 11 Desa Lalulalang kecamatan Tolitoli Utara telah di temukan hal-hal yang memenuhi unsur untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebagaimana yang diatur pasal 372 Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan umum,” Pungkasnya. KABARTODAY.com