Update Tim Gugus Tugas Covid-19, Status ODP di Kabupaten Pulpis Berkurang

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengalami penurunan, yang semula berjumlah 17 orang, saat ini menjadi 16 orang. Sedangkan untuk pasien Positif Covid-19, sampai sekarang masih nihil.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pulpis, dr. Mulyanto Budhiharjo setelah selesai menggelar Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Siaga Covid-19 yang bertempat di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulpis.

“Berkurangnya jumlah ODP itu, karena satu orang sudah selesai menjalani masa karantinanya,” ucap pria yang akrab disapa Pak Mul tersebut, Sabtu (11/04).

Dikatakan Pak Mul, untuk perkembangan PDP yang saat ini berada di RS. Dorys Silvanus, akan diketahui dalam lima hari kedepan dan diharapkan hasil tes laboratorium akan keluar sekitar Selasa atau paling lambat Jumat untuk hasil 4 orang PDP.

“Jika hasil laboratorium dinyatakan positif, maka tim Gugus Tugas Covid-19 akan melakukan tracking kepada semua keluarga PDP,” tegasnya.

Sedangkan untuk seluruh keluarga PDP, lanjut Pak Mul, diminta untuk melakukan isolasi mandiri dan tidak banyak melakukan kontak dengan orang lain serta selalu menjaga stamina dan kebutuhan nutrisi atau gizi.

“Tidak hanya keluarga PDP, Tim medis Gugus Tugas yang mengantarkan PDP juga diisolasi selama tujuh hari. Isolasi tujuh hari ini dilakukan karena tim saat mengantar PDP, sudah menggunakan APD lengkap. Selain itu, nanti tim ini juga akan di rapid test,” tambah Pak Mul.

Pak Mul yang juga menjabat sebagai Kepala Dinkes dan Plt. Direktur RSUD Pulpis itu juga menyampaikan, bahwa apabila berkenan, hari Senin nanti Bupati akan memimpin rapat Anev Gugus Tugas Covid-19, yang salah satu agendanya akan menentukan bagaimana status kedepannya.

“Terkait operasional Poslap di Desa Mintin dan Desa Gohong, akan dirapatkan dan diputuskan pada rapat anev Senin nanti. Setelah rapat diputuskan, Poslap itu harus benar-benar dapat beroperasi dengan maksimal dan semua fasilitas yang dibutuhkan di Poslap itu harus bisa dipenuhi,” tutupnya. KABAR TODAY.COM