Upaya Unsur Tripika Kahayan Hilir Hadapi Karhutla di Wilayahnya

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upaya untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau melaksanakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla Tahun 2021 di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau yang bertempat di halaman Mako Polsek Kahayan Hilir, Kamis (12/08) pagi.

Kegiatan Apel Kesiapan Penanggulangan Karhutla tersebut dipimpin oleh Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki, S.STP, M.Si,. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolsek Kahayan Hilir Ipda. Abi Wahyu Prasetyo, S.Tr.K., beserta personel, Danramil 1011-15 Kahayan Hilir, Kapt. INF. Eko Puspoko beserta personel, Sat Pol PP Pemkab. Pulang Pisau yang diperbantukan di Kecamatan Kahayan Hilir serta Perwakilan MPA Kecamatan Kahayan Hilir.

“Diharapkan di Tahun 2021 tidak ada Karhutla, namun apabila ada Karhutla bersama-sama berupaya untuk memadamkannya. Kita jaga kekompakan bersama dalam menangani permasalahan di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir dan jangan terlalu mengurusin permasalahan diluar wilayah,” kata Camat dalam sambutannya.

Lebih lanjut Osa mengatakan, mengingat masih tingginya pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, membuat dirinya berupaya semaksimal mungkin untuk penanggulannya, serta memberikan Bantuan Sembako kepada pasien dan keluarga yang sedang melaksanakan Isoman.

“Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan diri kita, termasuk Keluarga kita. Semoga kita semua terhindar dari Covid-19 dan Pandemi Covid-19 cepat berakhir,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Kahayan Hilir, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk membentuk komitmen dan menyamakan persepsi dalam mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau, khususnya di Kecamatan Kahayan Hilir dan sekitarnya.

“Kita harus bersama-sama menyatukan tekad dan saling berkontribusi dalam hal cegah Karhutla. Dan menurut data terdahulu di Kecamatan Kahayan Hilir ini memiliki Hot Spot yang lumayan banyak,” ajak Kapolsek.

Ia juga berpesan kepada para Lurah dan Kepala Desa agar bisa melakukan Sosialisasi dan Edukasi terkait permasalahan Karhutla dengan dibantu Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dimasing-masing Kelurahan atau Desanya.

“Apabila ada titik Hotspot dimanapun berada dan kapanpun itu harus segera dilaporkan untuk segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Sebelum kegiatan usai, dilakukan pengecekan pegelaran alat untuk Penanggulangan Karhutla yang dimiliki Posko Karhutla di Polsek Kahayan Hilir serta Simulasi Penanggulangan Karhutla Tahun 2021 di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir. KABAR TODAY.COM