Tingkatkan Usaha Kelompok Budidaya Ikan, PLTU Pulang Pisau Salurkan CSR

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dalam rangka mendukung peningkatan usaha bagi kelompok Budidaya Ikan, PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau bersama PLN UPDK Palangka Raya menggandeng Kelompok Budidaya Ikan Patin Sinar Lestari yang berlokasi di Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.

“Budidaya Ikan Patin Kelompok Sinar Lestari, Desa Mantaren II merupakan program bantuam Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau dan PLN UPDK Palangka Raya,” terang Munif selaku General Manager (GM) PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau, Senin (15/03).

Munif menambahkan, pihaknya bersama PLN UPDK Palangka Raya menyalurkan bantuan kepada kelompok budidaya ikan patin Sinar Lestari berupa bibit ikan patin 4.000 ekor, alat pengolah pakan serta pimpa air yang tersebar di 11 kolam.

“Program CSR ini dilakukan rutin setiap tahunnya dilingkungan wilayah kerja (Ring 1) PLTU Pulang Pisau. Dan hari ini, kita melakukan panen ikan patin,” ucapnya.

Diberikannya bantuan program CSR ini, lanjut ia, dengan harapan dapat membantu meningkatkan hasil budidaya ikan patin kelompok yang ada di Desa Mantaren II ini.

“Harapan kita kedepan, usaha ini dapat meningkatkan ekonomi, khususnya bagi kelompok budidaya ikan patin agar usahanya bisa lebih besar dan makin berkembang,” kata Munif.

Dikatakan Munif, bantuan CSR ini memang menjadi keharusan perusahan untuk memberdayakan masyarakat di lingkungan wilayah kerja. Untuk itu pihaknya akan terus menjalin sinergitas dengan lingkungan masyarakat sekitar, salah satunya kelompok budidaya ikan patin Sinar Lestari.

“Kami sangat puas dengan apa yang dilakukan kelompok budidaya ikan Desa Mantaren II selama ini. Selanjutnya kami akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk memberikan pelatihan sehingga budidaya ikan patin ini dapat berkembang lebih pesat,” tutur Munif.

Sementara itu, selaku Ketua Kelompok Budidaya ikan Patin Sinar Lestari, Suwandi mengucapkan terimakasih atas bantuan CSR dari PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau dan PLN UPDK Palangka Raya.

“Mewakili anggota, kami akan memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini guna mewujudkan kemandirian kelompok budidaya ikan ini, khususnya yang tergabung dalam kelompok budidaya ikan patin yang ada di Desa Mantaten II,” ungkapnya.

Suwandi juga mengucapkan terimakasih kepada PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau dan PLN UPDK Palangka Raya yang telah peduli dan memperhatikan kelompok ini. Tak lupa juga, dirinya ucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Perikanan dan Kepala Desa Mantaren II.

“Harapan kami, bantuan CSR ini dapat berkelanjutan mengingat sangat bermanfaat bagi kami,” singkatnya.

Sebagai penutup kegiatan, seluruh petinggi PT. PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau dan PLN UPDK Palangka Raya beserta staff, Perwakilan dari Polres Pulang Pisau, Dinas Perikanan Pulang Pisau, Kades Mantaren II serta para insan Pers menggelar mancing ikan patin bareng di kolam. KABAR TODAY.COM