Tingkatkan Skill Prajurit, Lanal Tolitoli Gelar Latihan P1 Dan P2

Erwin | Tolitoli – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tolitoli Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST. MM melaksanakan Latihan P1 dan P2 oleh Tim Glagaspur Kolat Koarmada II tahun 2020, di gedung Komando Lanal Tolitoli Minggu (16/08).

Komandan Lanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, ST. MM mengatakan dalam pelaksanaan uji petik P1 dan P2 bertujuan untuk menguji Pengetahuan dan kesiapan dari Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Tolitoli dalam menghadapi berbagai bentuk permasalahan dari ancaman bahaya tempur, ancaman terorisme, ancaman bahaya kebakaran, ancaman dan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan bagi setiap prajurit baik individu, maupun ditingkat satuan.

“Melalui uji Kegiatan uji petik (latihan) P1 dan P2 atau uji Teori dan uji Praktek ini saya juga berharap afanya saran dan masukkan Tim, diantaranya bertujuan untuk mempersiapkan Kesiapan pasukan Penindakan Huruhara (Dakhura) dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2020 di kabupaten Tolitoli, dapat mewujudkan kesiapsiagaan Pangkalan yang sesuai dengan standarkesiapan pangkalan TNI AL Pada Umumnya,” Ucap bayu

Lanjut Bayu, semua berharap dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di kabupaten Tolitoli berjalan dengan lancar ,Aman dan tertib, tetapi kita tetap mempersiapkan Pasukan Penindakan Huruhara (Dakhura) Lanal Tolitoli bila sewaktu – waktu di butuhkan kita dalam keadaan siap dan mengurangi terjadinya kerugian Personil dan Matril.

“Pada saat yang sama Saya mengucapkan terima kasih kepada Komando Latihan (Kolat) Koarmada II yang sengaja datang dari Surabaya, dan Masyarakat ikut menyaksikan Latihan kesiapan dan kemampuan Prajurit Lanal Tolitoli dalam mengatasi berbagai materi latihan yang diberikan oleh Tim Uji petik dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada II dalam menghadapi perkembangan situasi yang mungkin terjadi,” Kata Danlanal

Untuk itu Danlanal Tolitoli menginstruksikan kepada seluruh prajurit Lanal TolitoliI agar melaksanakan uji terampil ini dengan sungguh-sungguh serta jalin kerja sama yang baik dengan tim Kolat Koarmada II, sehingga tujuan dari uji terampil pangkalan ini dapat terwujud sesuai harapan kita.

Sementara itu, Komando Latihan (Kolat) Koarmada II mengatakan, Uji Terampil Glagaspur Tingkat P1 P2 merupakan salah satu fungsi komando yang dilaksanakan untuk menentukan keberhasilan suatu latihan.

“Uji terampil glagaspur P1 dititik beratkan kepada kesiapan perorangan dan kelompok didalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing masing dalam melaksanakan tugas. Sedangkan uji terampil Glagaspur P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi,” jelasnya.

“Melalui upaya pengukuran tingkat kesiapan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan khususnya pangkalan,” ucapnya.

Dalam latihan uji petik pangkalan P1 dan P2 turut dihadiri Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono S.T,M.MM, Sat Brimob, Dinkes (Puskesmas Galang), Damkar Tolitoli dan Masyarakat. Kabartoday.com