Tim Survey SPD Bakamla RI Berkunjung Ke Kabupaten Tolitoli

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia Zona Maritim Tengah yang berkedudukan di Manado Provinsi Sulawesi Utara, berkunjung ke Kabupaten Tolitoli.

“Kunjungan Tim Survey Bakamla RI ke kabupaten Tolitoli Bertujuan untuk perencanaan pembangun Sistem Peringatan Dini (SPD) untuk memantau keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan kabupaten Tolitoli,” Ungkap Kepala Bagian Umum Bakamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto, S.E. kepada Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya pada Senin sore (30/8) di ruang kerja Bupati.

Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto, S.E. mengatakan Tim Bakamla Zona Maritim Tengah yang datang ke kabupaten Tolitoli berjumlah empat orang untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Kami datang keTolitoli terdiri dari empat orang, yakni Kolonel Bakamla Tio Togap Pasaribu, ST, Letkol Bakamla Sulaeman Rusdi, ST, Serda Bakamla Martotinus Pariu, serta saya sendiri Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto S.E,. Kunjungannya kami ke Kabupaten Tolitoli, melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah sekaligus akan melakukan survey lahan untuk rencana pembangunan sarana SPD Bakamla RI di wilayah Kabupaten Tolitoli,” Bebernya

Ia menambahkan, sesuai surat perintah yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksamana Pertama Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas.

“Saat melaporkan maksud dari kunjungan Tim Bakamla kepada Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, Kolonel Bakamla Deddy Soeprapto, SE menjelaskan bahwa Bakamla memiliki kewenangan untuk mengintegrasikan sistem keamanan dan keselamatan laut ” Tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya sistem Peringatan Dini, nantinya akan berguna bagi pengguna laut,” Jelas Deddy Soeprapto, SE.

Menurut Deddy Soeprapto, SE. pembangunan SPD ini selaras dengan kebijakan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan wilayah perairan dari ancaman kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indoenesia serta melindungi nelayan lokal dalam mencari ikan.

“Secara garis besar, SPD yang akan dibangun Bakamla memiliki kemampuan deteksi di Laut Sulawesi serta sensornya dapat mendeteksi kapal besar maupun kecil yang melintas, Pungkasnya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya yang didampingi Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan Anhar Dg. Mallawa, SE menyampaikan apresiasinya sekaligus menyambut baik akan adanya rencana Bakamla ini.

“Saya selaku Bupati Tolitoli memerintahkan Bagian Pemerintahan untuk mendampingi Tim Bakamla dalam melakukan survey lahan untuk pembangunan SPD Bakamla,” Tegas Maran

Bupati Amran Hi. Yahya juga menyampaikan, dengan didukung oleh Sistem Peringatan Dini dan sistem informasi yang terintegrasi ini, maka peran Bakamla RI dalam Poros Maritim Dunia akan mampu mewujudkan keamanan dan keselamatan serta penegakan hukum di wilayah perairan yang efektif, efisien dan responsif.

“Saya merasa optimis, wilayah perairan Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Tolitoli akan aman dari ancaman kedaulatan wilayah NKRI dan sekaligus melindungi nelayan lokal, karena pada bidang Pertahanan yang melakukan patroli keamanan dan keselamatan adalah jajaran TNI Angkatan Laut sedang pada bidang keamanan dan keselamatan laut adalah Bakamla RI,” Pungkas Amran dengan penuh keyakinan dalam mendukung dan menjaga perairan Tolitoli. ***