Terima Penghargaan Kabupaten Target Restorasi, Ini Harapan Bupati Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Bupati Pulang Pisau ( pulpis), H. Edy Pratowo S.sos,MM menghadiri acara Rapat koordinasi ( rakor) Restorasi Gambut Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ) Tahun 2019, yang berlangsung di Palangka Raya, Selasa ( 30/07 ).

Kegiatan yang mengambil tema “Mari manfaatkan dan optimalkan Aset-aset Restorasi yang sudah terbangun untuk kelestarian gambut dan kesejahteraan masyarakat” ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) RI, Ir. Nazir Foead.M.Sc dan Gubernur Kalteng yg diwakili Sekretaris daerah Provinsi Fahrizal Fitri.,S.Hut., M.P.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pulang Pisau menerima Penghargaan Kabupaten Target Restorasi tahun 2018 yang terdiri dari Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, Kota Palangka Raya dan Kabupaten sukamara, yang diserahkan langsung oleh Sekda Provinsi Kalteng

“Dengan adanya restorasi ada beberapa hal yang didapat, yakni kemampuan adaptif masyarakat dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan menjadi lebih tinggi, karena masyarakat secara langsung maupun tidak langsung memperoleh pelatihan/sosialisasi yang membuat pengetahuan masyarakat bertambah,” terang Bupati.

Selain itu juga terdapat beberapa poin penting dengan adanya kegiatan tersebut, antara lain terjaganya sumber mata pencaharian masyarakat sekitar hutan atau areal restorasi gambut karena minimnya kebakaran hutan dan lahan, terjaganya kelestarian sumber daya alam hayati dan mengembalikan fungsi lahan gambut sebagai pengikat air.

Harapan Bupati tahun ini maupun ke depan tidak ada lagi kebakaran lahan yang terjadi khususnya di wilayah kabupaten pulang pisau.

“Saya mengajak semua elemen, baik masyarakat maupun instansi pemerintah dapat bersinergi bersama – sama menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun orang banyak, demi kabupaten Pulpis kedepan lebih sehat dan maju,” pungkasnya. KABAR TODAY.com