Tanggul Sungai di Desa Simatang Utara Roboh, Babinsa Ajak Masyarakat Kerja Bakti

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Babinsa Koramil 1305-03 /Dampal Utara bersama warga desa Simatang Utara melaksanakan kerja Bhakti Pembersihan Tanggul yang roboh.

Pembersihan dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya banjir yang bisa datang kapan saja di musim penghujan seperti saat sekarang ini. Sabtu (25/09/2021).

Babinsa Koramil 1305-03/Dampal Utara Koptu Iswadi kepada media ini mengatakan Kerja Bhakti pembersihan dan pengangkatan material batu, ini  dilakukan akibat robohnya tanggul penahan air.

“Kami bersama warga melakukan kerja bakti di saluran air yang roboh, ini dilakukan karna tanggul yang roboh menutup aliran air sungai di Dusun Labungao Desa Simatang Utara Kec. Dampal Utara Kab. Tolitoli,” Ungkap Koptu Iswadi

Ia menambahkan, Semenjak rubuhnya tanggul ini, aliran air yang ada di sungai menjadi tidak lancar sehingga sangat berpotensi terjadinya banjir.

“Saya bersama Bapak Kades Simatang Utara berserta puluhan masyarakat simatang Utara bergotong royong membersihkan material yang menutupi aliran sungai dan kini air bisa mengalir dengan lancar,” Ujar Koptu Iswadi.

Sementara itu Danramil 1305-03/Dampal Utara Letda Inf Samsul mengatakan Dimusim penghujan seperti sekarang ini bencana banjir dan tanah longsor paling sering terjadi, sehingga perlu ada antisipasi dan kesiapan sebelum banjir datang.

“Kesiap-siagaan yang dilakukan Babinsa Koptu Iswadi bersama warga dalam mengantisipasi banjir di wilayah binaannya patut di acungkan jempol dan di berikan apresiasi yang besar,”Ungkapnya

Lagi, saat ini Kabupaten Tolitoli sejak memasuki bulan September curah hujan yang terjadi cukup tinggi termaksud di desa simatang Utara, apa sebulan lalu aksen jalan yang ada di desa simatang pernah tertutupi oleh longsor sehingga akses jalan tidak dapat dilalui.

“Dengan curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan ini saya berharap seluruh Babinsa Yang ada di koramil 1305/03- Dampal Utara harus terus siaga di wilayah binaannya masing masing, sehingga jika nantinya terjadi sesuatu bisa segera membantu mengevakuasi,” Pungkasnya