Tanamkan Disipilin Dan Rasa Tanggung Jawab, Babinsa Latih PBB Pada Siswa SMKN 1 Galang

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com Sebagai aparat kewilayahan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sudah menjadi kewajibannya untuk membina desanya, baik menjaga stabilitas keamanan maupun menjadi contoh masyarakat diwilayahnya.

Selain itu, dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggung jawab pada generasi muda di wilayah binaan, seorang Babinsa wajib ikut ambil bagian, dikarenakan hal tersebut merupakan salah satu tugasnya sebagai satuan teritorial.

Sebuah contoh yang bagus dilakukan Babinsa Koramil 1305-11/Galang Serma Haruna dan Pratu Suwandi yang memberikan materi pelajaran baris berbaris kepada siswa siswi di sekolah SMKN 1 Galang kecamatan Galang Kabupateng Tolitoli, Jumat 2 Juli 2021.

Menurut Serma Haruna, maksud pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan sikap disiplin dan penuh rasa tanggung jawab di lingkungan sekolah.

“Kegiatan semacam ini memang penting dilakukan, karena nantinya siswa-siswi bisa melaksanakan baris berbaris dan upacara bendera dengan baik serta meningkatkan kedisiplinan dan penuh rasa tangung jawab,” Ungkap Serma Haruna.

Pelatihan baris berbaris yang diberikan kepada siswa siswi SMKN 1 Galang ini merupakan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin kepada siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan tangung jawab diantara teman.

Selain itu kegiatan ini merupakan wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada, sehingga terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin dan tanggung jawab yang tinggi kepada orang lain dan diri sendiri.

Pihak Sekolah SMKN 1 Galang mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Serma Haruna dan Pratu Swandi yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pelajaran baris membaris kepada para 160 siswa, serta berharap pelatihan baris berbaris tidak hanya sampai di sini saja, tapi bisa terus berkelanjutan.

“Pelatihan ini dipersiapkan oleh Babinsa agar para siswa-siswi di SMK 1 Galang bisa menyelenggarakan upacara bendera setiap hari Senin dengan mandiri dan menjaga tradisi positif dalam menjaga rasa nasionalisme sejak dini,” Tutur salah satu orang guru.

Sementara itu Danramil 1305/11 Galang Peltu Joko Harianto yang di temui di koramil mengatakan inilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara.

Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut, sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Pungkas Joko Harianto ***