Sukseskan Vaksinasi Covid-19, BPBD Tolitoli Gelar Vaksin Massal

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Dalam rangka meningkatkan imunitas komunal dan mencegah penyebaran covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli hari ini Rabu (13/10/2021) menggelar vaksin covid masal, di halaman Kantor BPBD jalan Kapten Tendean Kelurahan Panasakan Kecamatan Baolan kabupaten Tolitoli.

Kepala BPBD Tolitoli Nur Alam yang di wakili Sekertaris BPBD Tolitoli Vidya Putra S.STP, Kepada kabartoday.com, Rabu (13/10/2021) mengatakan, Vaksinasi Covid-19 yang di gelar BPBD Tolitoli merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Tolitoli dalam rangka mempercepat penaganan vaksinasi Covid-19 diKabupaten Tolitoli, agar masyarakat Tolitoli dapat meningkatkan imunitas komunal dan mencegah penyebaran covid-19 ditengah tengah masyarakat.

“Sesuai dengan perintah Bupati Tolitoli Bapak Amran Hi Yahya program vaksinasi Covid 19 harus terus berjalan sehingga masyarakat Tolitoli nantinya mendapatkan kekebalan didalam tubuh, dan masyarakat yang akan beraktivitas diluar rumah tidak perlu lagi merasa takut,” Ungkap Vidya.

“Alhamdulillah untuk hari ini sudah terlaksanakan juga vaksin masal ini, setelah beberapa hari ini kita menunggu giliran mendapatkan dosis Vaksin,” Tambah Vidya.

Lanjut Vidya, Untuk vaksin kali ini jumlah dosis yang disiapkan sebanyak 150 Dosis, dan melihat antusias warga yang ingin divaksin sudah melebih 200 0rang. Baik vaksin perdana maupun tahap kedua, dan melihat jumlah Antusias warga, kemungkinan besar kami akan melakukan kordinasi dengan dinas kesehatan untuk menambahkan Tim Vaksinator, agar Vaksinasi bisa berjalan dengan cepat dan tuntas.



“Jumlah masyarakat yang sudah mendaftar hingga pukul 13.00 WITA telah mencapai 200 orang lebih, dan masyarakat masih terus berdatangan, dan Sampai saat ini pasca disuntik vaksin belum ada kendala sama sekali dan alhmadulillah yang sudah disuntuik vaksin aman, untuk warga jangan takut di vaksin karena banyak manfaatnya, Bebernya.

lagi, Vaksin yang digunakan jenis sinovac dan moderna, sedangkan vaksin Sinovac di peruntukan buat anak anak berumur 12 tahun keatas , sedangkan vaksin Moderna di peruntukan untuk orang dewasa.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tolitoli yang di wakili Sekertaris Daerah (Sekda) Tolitoli Moh. Asrul Bantilan.,S.Sos di hadapan masyarakat menyampaikan terima kasih banyak kepada masyarakat yang hadir dalam vaksinasi ini karena atas kepedulian dan partisipasi masyarakat, paling tidak sudah membantu pemerintah dalam menyukseskan program pemerintah dalam percepatan penaganan vaksinasi Covid-19.

“Terima kasih banyak buat masyarakat yang sudah mau bekerjasama dan mau di vaksin, dan perlu juga saya sampaikan, meski sudah di vaksin juga menghimbau warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan sanitizer, memakai masker saat berada diluar rumah serta menjaga jarak dengan menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas atau bepergian jika tidak ada keperluan mendesak,” Kata Asrul Bantilan

Lanjut Asrul, Manfaat dari Vaksin Covid-19 bagi tubuh kita untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan cara divaksin karena manfaat vaksin Covid-19 dapat membantu menciptakan herd immunity.

“Pemberian vaksin Covid-19 bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona. Benar bahwa seseorang yang telah divaksinasi masih mungkin terinfeksi Covid-19, namun kemungkinan itu terus menurun seiring banyaknya jumlah orang dalam suatu kelompok yang divaksinasi hingga menciptakan herd immunity,” jelas Asrul

“Dengan demikian, memperoleh vaksin Covid-19 tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitar,” Pungkasnya

Pelaksanaan Vaksinasi di BPBD Tolitoli Bekerjasama dengan pemerintah daerah Tolitoli, dinas kesehatan, dan dibantu dari Tim Vaksinator Puskesmas Kota.***