Sinergi Antara Sekolah Dengan Babinsa Dalam Rangka Penguatan Karakter Siswa di Desa Labonu

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Peran seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) ternyata tidak hanya menyentuh aspek keamanan dan ketertiban sosial masyarakat saja, lebih jauh dari itu seorang Babinsa juga berperan dalam penguatan karakter anak didik di wilayah binaannya. Seperti dimasa perkenalan sekolah saat ini.

Serda Risman Babinsa Desa Labonu dari Kesatuan Koramil 1305/04-Dondo mengatakan sudah beberapa lama melaksanakan pengawasan terhadap aktivitas pelajar di lingkungan Desa Labonu Kecamatan Basi Dondo.

Tujuan pengawasan tersebut untuk mencegah dan mendeteksi dini perkembangan negatif yang mungkin muncul di kalangan para pelajar khususnya kurangnya kedisiplinan serta rasa tanggung jawab.

Selasa pagi, tanggal 13 Juli 2021, pak Babinsa mendapat kehormatan oleh pihak sekolah Madrasah untuk mengisi materi Disiplin dan Tanggung jawab. Ada suasana lain saat serda Risman memasuki aula sekolah Madrasah (Matsama/Mos) yang saat sedang melaksanakann Masa Ta’aruf pengenalan sekolah.

Terlihat para Siswa begitu antusias dengan kehadiran Serda Risman berseragam TNI. Kehadiran bapak Risman dari Babinsa Labonu adalah untuk memberikan pembinaan tentang Displin dan Tanggung Jawab kepada kalangan remaja (Anak Sekolah).



Sebagaimana diketahui, Indonesia saat ini anak mudanya kurang memahami tentang arti disiplin dan tanggung jawab, anak muda termasuk di dalamnya pelajar, merupakan penerus bangsa, yang mana tanggung jawab dan sikap disiplin harus terus di tanamkan, sudah selayaknya siswa mendapatkan edukasi dini yang tepat tentang apa arti “Disiplin dan Tangung jawab”.

Selain itu , ada bahaya lain yang mengintai pelajar adalah pergaulan bebas melalui media sosial. Di zaman yang serba digital ini, kita memang dituntut untuk melek teknologi, namun kenyataannya, teknologi memiliki dua sisi bagai bilah pisau. Ada sisi positif juga sisi negatifnya. Banyak sekali kejadian yang sangat merugikan pelajar, yang bermula dari media sosial. Misalnya, perkenalan dengan orang-orang yang tidak jelas identitasnya. Kasus ini sudah banyak terjadi, termasuk yang sudah perna terproses Hukum.

Untuk mencegah hal-hal negatif tersebut, maka Babinsa labonu menjalin kerjasama dengan sekolah sekolah yang ada di Desa Labonu, dengan cara memberikan pembinaan bagi siswa, juga pengawasan terhadap lingkungan sekolah, termasuk penindakan jika memang ditemukan pelanggaran terhadap siswa di luar sekolah. Namun berdasaran catatan di sekolah, sejauh ini memang hanya sebatas pembinaan dan pengawasan saja, belum pernah ada siswa yang ditemukan melakukan pelanggaran di luar sekolah.

Kehadiran Babinsa Seda Risman kali ini sangat berarti, karena selain memberikan ilmu juga memberikan semangat bagi para siswa untuk selalu menjaga nama baik diri sendiri, keluarga juga nama baik sekolah.

“Semoga dengan kerjasama yang baik antara sekolah, masyarakat dan pemerintah, kami bisa mewujudkan tujuan pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Sesuai dengan Visi sekolah kami, yaitu Unggul dalam prestasi berlandaskan iman dan taqwa menuju sekolah yang berkarakter dan berbudaya.“ papar salah satu guru di sekolah ***