Serka Buchari, TNI Terus Dampingi Tim PKM Lakukan Tracing

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Perpanjangan PPKM Level 3 dikabupaten Tolitoli tahap Ketiga (3) terus dilakukan oleh pemerintah daerah, dalam perpanjangan ketiga kali ini, Tim PKM Baolan terus melakukan Tracing kepada masyarakat yang pernah kontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi Positif, Selasa (24/08/2021).

Tracing yang dilakukan Tim PKM Baolan dipimpin langsung kepala puskesmas Damzah, SKM yang didampingi Babinsa Koramil 1305-01/Baolan Serka Buchari dan Babinkamtibmas.

“TNI/Polri yang mendampingi Tim PKM tergabung dalam Satgas Covid 19, untuk melakukan tracing terhadap salah satu warga yang terindikasi pernah kontak erat dengan keluarga yang terpapar Covid-19 dengan cara mendatangi langsung di rumahnya,” Ungkap Serka Buchari

Ia menambahkan, Dalam melakukan Tracing dilapangan Tim dari PKM juga melakukan upaya-upaya yang dalam mengedukasi kepada keluarga pasien Covid-19.

“Edukasi yang dilakukan, agar keluarga pasien serta masyarakat disekitarnya tetap mematuhi dan menerapkan standard Prokes Covid -19, sekaligus membagikan masker serta Vitamin dalam rangka menjaga kestabilan imunitas,” bebernya.

Sementara itu, Danramil 1305-01/Baolan Kapten Inf Muh Salam yang menerima laporan dari Anggotanya bahwa tim PKM akan melakukan Tracing mengatakan bahwa setiap anggota keluarga yang  melakukan kontak langsung kepada pasien terkonfirmasi Positif harus segera dilakukan pemeriksaan oleh tim survelents setempat.

“Pemeriksaan yang dilakukan bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 diwilayah kabupaten Tolitoli, Khususnya dikecamatan Baolan,” Tuturnya.

Lanjut Kapten Inf Muh Salam menyampaikan apa yang sudah diterapkan pemerintah harus dijalan kan dengan sungguh sungguh, sehingga nantinya penyebaran covid-19 di antara orang terdekat tidak lagi menyebar ke orang lain.

“Penyebaran Covid-19 yang saat ini masih cukup tinggi harus segera dilakukan dengan 3T, Yakni Testing, Tracing, dan Treatment, sehingga dengan dilakukan 3T Penekanan melonjaknya kasus pasien (+) Covid -19 Bisa lebih dapat ditekan dan terpantau,” Pungkas Kapten Inf Muh Salam ***Erwin***