Serius Cegah Karhutla, Polsek Kahayan Hilir Gelar Komitmen Bersama

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upaya untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau melaksanakan kegiatan Deklarasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kecamatan Kahayan Hilir yang berlangsung di Gazebo Mako Polsek setempat, Rabu (17/03).

Selain Kapolsek Kahayan Hilir, Iptu. Widodo,SE, kegiatan tersebut juga dihadiri Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Danramil 1011/KLK, yang diwakili Serka. Sigit, Ketua Organisasi Masyarakat se-Kecamatan Kahayan Hilir, Kades/Lurah se-Kecamatan Kahayan Hilir, MPA se-Kecamatan Kahayan Hilir serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Pulpis AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Kahayan Hilir, mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME, karena kegiatan tersebut dapat terlaksana walaupun masih ditengah pandemi Covid -19.

“Kegiatan ini tetap kita laksanakan dengan mengacu pada protokoler kesehatan. Karena Karhutla ini merupakan permasalahan yang selalu ada setiap tahunnya dan harus kita tangani bersama,” ucap Kapolsek.

Kapolsek juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk membentuk komitmen dan menyamakan persepsi dalam mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau yang akan datang, khususnya di Kecamatan Kahayan Hilir dan sekitarnya.

“Mari kita bersama – sama menyatukan tekad dan saling berkontribusi dalam hal cegah Karhutla karena menurut Perkiraan BMKG sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau. Dan menurut data di Kecamatan Kahayan Hilir ini memiliki Hot Spot yang lumayan banyak,” ajak Widodo.

Ia juga berpesan kepada para Lurah dan Kepala Desa agar bisa melakukan Sosialisasi dan Edukasi terkait permasalahan Karhutla dengan dibantu Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dimasing-masing Kelurahan atau Desanya.

“Apabila ada titik Hotspot dimanapun berada dan kapanpun itu harus segera dilaporkan untuk segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Kahayan Hilir, Sugondo dalam kesempatan itu menekankan kepada semua warga masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar terbebas dari Karhutla. Menurutnya, kalau Karhuta bisa dicegah atau ditanggulangi, maka lingkungan juga akan sehat.

“Karena kesehatan itu adalah salah satu kunci utama dalam pembangunan. Oleh sebab itu, selaku Camat saya menghimbau kepada semua instansi, Ormas dan seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pencegahan Karhutla di wilayah Kahayan Hilir,” singkatnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan, Penanggulangan Karhutla dan mengucapkan Deklarasi Bersama Lawan Karhutla serta simulasi pemadaman. KABAR TODAY.COM