Serbuan Vaksinasi Covid-19 Kodim 1305/BT Selama Dua Hari Dari Total 300 Vial Tersisa 26 Vial

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Kodim 1305/BT kembali menggelar vaksinasi covid-19 dihari kedua untuk masyarakat umum. Minggu (4/7/2021).

Ratusan warga sangat antusias mengikuti vaksinasi, bahkan mereka rela mengantri untuk mendapatkan nomor dan blangko vaksinasi sejak pukul 07.00 Wita.

Salah satunya adalah Agus Warga Tweley (45), kelurahan Tweley Kecamatan Baolan, mengaku sudah mengantri sejak pukul 07.00 Wita, dan mendapatkan nomor antrian 100.

“Saya berterima kasih sekali dengan adanya kegiatan serbuan vaksinasi covid-19 gratis bagi warga masyarakat. Selain untuk mendapatkan kekebalan tubuh, saya perlu surat keterangan telah divaksin jika sewaktu-waktu diperlukan sebagai administrasi pelayanan keperluan publik,” ungkapnya.



Sementara itu disampaikan Dandim 1305/BT melalui Kasdim Mayor Inf. Iko Power, untuk target vaksinasi 1 Juta Vaksin yang diberikan, selama dua hari ini dari 300 Vial yang disiapkan telah mencapai 274 Vial.

“Vaksinasi sinovac di hari pertama dan hari kedua dari 300 Vial yang di siapkan Kodim 1305/BT untuk memenuhi target 3000 dosis /Orang hingga hari kedua telah mencapai 2.700 Vaksin Atau 274 Vial yang telah terlaksanakan dikabupaten Buol dan Tolitoli, dan untuk kesisahan 26 vial akan dilakukan dalam waktu dekat, agar menuntaskan kegiatan 1 Juta Vaksin sehari,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa penerima vaksin adalah hanya yang memenuhi syarat kesehatan, oleh karena itu di hari pertama hingga hari kedua yang memenuhi syarat untuk di vaksin sebanyak 2740 orang, karna sesuai dengan kemanpuan tenaga kesehatan perhari didua kabupaten.

Lanjutnya, Serbuan vaksinasi massal diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat akan vaksin, terlebih juga sebagai salah satu persyaratan warga untuk mendapatkan berbagai bantuan tunai dari pemerintah nantinya.

Di hari kedua vaksinasi ini, antrian depan Rumah sakit Mokopido Jalan Lanoni, lebih panjang dari hari pertama. Calon peserta vaksinasi juga melebihi kuota yang ditetapkan sehingga calon diberikan nomor antrian, yaitu nomor 1-300. Sedangkan jika dari calon itu ada yang gagal divaksin karena faktor kesehatan, maka akan digantikan calon peserta lainnya yang setia menunggu di Halaman rumah sakit Mokopido.

Selanjutnya calon peserta yang mendapatkan nomor antrian, masih dibagi dalam beberapa gelombang agar tidak menimbulkan kerumunan di dalam lingkungan Rumah sakit.

“Pembagian gelombang itu sebagai upaya dalam menerapkan protokol kesehatan. Kita menyiapkan 2 tenda pleton dan 1 tenda BPBD yang dilengkapi kursi untuk para peserta yang akan divaksinasi di halaman Rumah Sakit,” sambungnya.

Selain di tenda, juga digelar Pelbed Kodim 1305/BT dan sejumlah kursi yang disiapkan Kodim untuk menunggu antrian.

Salah satu anggota Rumkitban 1305/BT mengatakan, pihaknya dibantu para tenaga medis dari RS. Mkokopido yang di ketua oleh Dokter Debby Mamuaya (dokter umum) dan juga kesehatan TNI dari Rumkitban 1305/BT.

Untuk diketahui, vaksinasi di Kodim Buol Tolitoli guna mempercepat target satu juta vaksinasi per hari yang dicanangkan pemerintah pusat sampai dengan akhir Juni sampai Juli 2021 nanti. Pemerintah juga sudah mencanangkan untuk meningkatkan vaksinasi menjadi dua kali lipat pada Agustus 2021 nanti.

Untuk di kabupaten Tolitoli sendiri, vaksinasi dilakukan diseluruh puskesmas dengan pelaksana Pemkab yang bersinergi dengan Kodim.

Vaksinasi massal sebelumnya telah dilakukan pemkab melalui Dinas kesehatan Tolitoli, Kemudian diteruskan Polres Tolitoli dengan 1.000 dosis pada 30 Juni 2021 lalu, untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-7 dan pada Tanggal 3 Juli dilakukan oleh TNI AD dan Al.