Seminggu Terapung Dilaut, Nelayan Asal Manado Ditemukan Selamat Diperairan Buol

BUOL, – Seorang nelayan asal Manado, Sulawesi Utara, Robert Capena (45) selamat dari tragedi maut, dia terapung di laut lepas. Setelah hampir seminggu berada di atas rakit hingga akhirnya ditemukan nelayan warga Kelurahan Buol, di perairan Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2019).

Robert, berhasil diselamatkan nelayan warga Kelurahan Buol, Aling (35) yang bertepatan tengah melaut bersama lima rekannya.

Informasi dari berbagai sumber yang berhasil dihimpun Utarapost.co.id Nelayan asal Sulawesi Utara Aling, mengatakan ia bersama lima rekannya pergi melaut tujuan untuk melihat rumpon atau rumah rakit (alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut) dan tanpa sengaja menemukan Robert dan langsung mengevakuasi ke daratan.

“Kami melihat ada kapal, lalu kami dekati ternyata rakit dan ada orang di atas rakit, dia (Robert) jelaskan bahwa dirinya hanyut di bawa arus. Kami langsung menolong dan membawanya,”terang Aling.

Sementara, Robert yang mengaku warga kota Manado Tua, mengisahkan pengalamannya selama seminggu terapung bersama rakitnya hayut terbawa dari perairan Manado Sulut sejak Jumat (22/3/2019) malam.

Awalnya, kata Robert, menceritakan kronologis hingga dia hanyut dan ditemukan di perairan laut Buol. Pada Rabu malam ia meninggalkan rumah menuju rumpon, dua berselang berada di rumpon. Tepatnya Kamis siang cuaca sekitar mulai memburuk (petir disertai angin kencang) kondisi itu berlangsung hingga Jumat malam.

“Laut mulai deras dan semakin deras, setalah itu rakit yang saya tumpangi sudah mulai tenggelam, langsung saya memutuskan tali jangkar rakit saya, saat itulah saya hanyut,”terang Robert.

Robert, menuturkan, beruntung selama berada di tengah laut, tidak kurang dari seminggu dapat bertahan hidup dari sisa bekal yang masih tersimpan. Hingga kemudian dirinya ditemukan enam nelayan warga Kelurahan Buol, Kabupaten Buol yang tengah melaut, pada Rabu (27/3’2019) siang.

Robert menambahkan, andai diri tidak ditemukan oleh nelayan Buol, entah bagaimana nasibnya selanjutnya, olehnya kepada nelayan yang menemukan tak mengucapkan terima kasih.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya karena saya bisa kembali kepada keluarga saya dengan selamat, seandainya saya tidak ditemukan entah bagaimana nasib saya,”ucap Robert menutup penjelasannya. Utarapost.co.id