Semester II Tahun 2021 Kodim 1305/BT Laksanakan Penanaman Pohon Mangrove

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Dalam rangka kegiatan pembinaan Teritorial pada Semester II tahun 2021 Kodim 1305/BT kembali melaksanakan kegiatan progam pembinaan Lingkungan Hidup di Dusun Kotanibangun Desa Ginunggung Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli, Kamis (23/09/2021).

Kegiatan progam ini untuk laksanakan gerakan, menjaga dan melestarikan bumi indonesia di masa depan salah satunya di kabupaten Tolitoli.

Dalam sambutanya, Komandan Kodim 1305/BT Letkol Inf. Farid Yudis Purwanto yang di bacakan Letda Inf Steven Luntan Mengatakan, kegiatan Pembinaan lingkungan hidup Kodim 1305/BT Semester II TA 2021 dengan Tema “Bersinergi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di wilayah Kabupaten Tolitoli,” sekaligus untuk dukung dan sukseskan progam Pemerintah pusat serta Pemerintah daerah, menjaga dan lestarikan lingkungan hidup.

“Kodim 1305/BT akan melaksanakan Penanaman 1000 bibit pohon Mangrove di Dusun Kotanibangun Desa Ginunggung Kecamatan Galang Kab. Tolitoli,” Ungkapnya

Lanjut Letda Inf Steven Luntan, Kegiatan Penanaman Pohon mangrove bertujuan untuk mengantisipasi abrasi pantai yang ada di wilayah Kabupaten Tolitoli, khususnya di Dusun Kotanibangun Desa Ginunggung.

“Saya berharap Tanaman Pohon mangrove kedepannya harus menjadi perhatian khusus pemerintah Kabupaten Tolitoli, karena garis pantai Tolitoli cukup panjang ini, sehingga kita harus mengantisipasi terjadinya abrasi pantai,” Kata Letda Inf Steven Luntan yang mewakili Dandim

Ia Berharap, kepada masyarakat yang bermukim di Pesisir pantai agar setelah penanaman pohon Mangrove ini, dapat di jaga bersama sama.

“Mari kita bersama-sama menjaga dan merawat tanaman tersebut, sebab manfaatnya nanti kita juga yang akan menikmatinya kedepannya, kalau bukan kita yang menikmati manfaatnya, Mungkin anak cucu kita yang akan merasakan keuntungan dari penanaman pohon Mangrove ini,” Harap Letda Inf Steven Luntan saat membacakan pesan Dandim dihadapan masyarakat.

Selanjutnya, dengan adanya penanaman dan penghijauan ini di harapkan, dapat meminimalisir dampak dari gelombang laut dan abrasi pantai yang akan terjadi kapan saja.

kami berharap, “Di masa pandemi ini, masyarakat Tolitoli agar tetap terapkan protokol kesehatan, khususnya wilayah kecamatan galang ” Pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 1305/BT yang diwakili Letda Inf Steven Luntang, Wakapolsek Galang Ipda A. Budi Atmojo, Dan Unit 1305/BT Letda Inf Abdullah, Pasi Ter 1305/BT Letda Inf Suyadi, Danramil 1305-11/Galang Peltu Joko, Kades Ginunggung Bpk. Anwar Lihawa, Anggota Kodim 1305/BT 15 orang, Anggota Polsek Galang 10 orang, Saka Bhayangkara Polres Tolitoli 10 orang, Mahasiswa STIE Mujahidin Tolitoli 10 orang, dan Tamu undangan dan masyarakat Desa Ginunggung Kl 55 orang. ***