Sembuh Dari Corona Tidak Bisa Menularkan Lagi, Jangan Dikucilkan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), dr. Muliyanto Budihardjo mengatakan bahwa pasien positif virus corona yang terjadi telah sembuh tidak akan menularkan lagi virus tersebut.

“Secara medis, kalau sudah dilakukan pemeriksaan swab 2 kali hasilnya negatif berturut-turut, pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, aman, dan tidak akan menularkan lagi,” ujar Muliyanto, di Posko Gugus Tugas Covid-19 Pulpis, Kamis (04/06).

Menurut Muliyanto, pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 sangat bermanfaat sekali untuk membantu pasien-pasien yang sakit plasma.“Yakin saja, kalau sudah sembuh dari virus corona secara medis aman, dia kebal, dan tidak akan terpapar lagi, kecuali oleh virus jenis lain, atau strain yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, kepala pelaksana (kalaksa) BPBD Pulpis yang juga selaku sekretaris Gugus Tugas covid-19, Drs. Salahudin, mengharapkan kepada masyarakat agar tidak memberi stigma negatif kepada pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh.

“Jangan dikucilkan, terima mereka kembali seperti dahulu, sebelum mereka terinfeksi virus Covid-19,” harapnya.

Salahudin juga mengharapkan, agar Kepala Desa atau Lurah setempat bisa memberikan pemahaman dan pengertian kepada warga yang tinggal di lingkungan tempat tinggal pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh tersebut.

“Berikanlah pengertian bahwa dia sudah sembuh dan tidak akan menularkan virus corona lagi,” pinta Salahudin.

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Kominfo Pulpis selaku Jubir Media Center Gugus Tugas Covid-19, Moh. Insyafi, mengajak media massa untuk dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh, secara medis aman.

“Namun saya juga berpesan, dimasa pandemi Covid-19 seperti saat sekarang, protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” singkatnya. KABAR TODAY.COM