Satu Positif Covid-19, Puskesmas Pulpis Ditutup Sementara Waktu

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau (Pulpis), dr. Mulyanto Budihardjo mengeluarkan pengumuman, bahwa Puskesmas Pulpis terhitung 10 Juni 2020 tidak dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat atau tutup untuk sementara waktu.

Kepada Kabar Today.com, dr. Mulyanto mengatakan penutupan layanan kesehatan itu lantaran adanya petugas di Puskesmas tersebut yang dinyatakan positif Covid-19 dan sebagian besar petugas juga melaksanakan karantina mandiri.

“Pengumuman ini sudah kita umumkan melalu pengumuman resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, nomor 525 tahun 2020,” kata dr. Mul sapaan akrabnya.

Selanjutnya, dr. Mul juga menyebutkan dalam poin pengumuman tersebut, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan dapat mengunjungi puskesmas pembantu atau poskesdes terdekat atau Puskesmas Bereng.

“Kepada masyarakat, untuk sementara waktu ini diminta agar menunda dulu kunjungan ke Puskesmas, bila tidak merupakan penyakit yang tergolong gawat darurat,” tambahnya.

Dia mengaku, pihaknya tidak akan melakukan rapid test, akan tetapi akan langsung melakukan swab. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi tenaga medis itu secara cepat.

“Bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat mendatangi langsung ke IGD RSUD Pulang Pisau.

“Keputusan ini berlaku sampai hasil pemeriksaan swab petugas Puskesmas Pulpis ini keluar. Bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat mendatangi langsung ke IGD RSUD Pulpis,” tandasnya. KABAR TODAY.COM