Satu PDP yang Dirawat di RSUD Pulpis Segera Jalani Test Swab Kembali

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) kembali akan melakukan test swab kepada satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini sedang menjalani perawatan di RSUD Pulpis.

Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc dalam rapat analisa dan evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Gedung PSC 119 Pulpis, Rabu (06/05).

“PDP ini sebelumnya sudah menjalani test swab, besok kembali akan kita lakukan test swab lagi. Dan nantinya spesimen lendir dari test swab ini akan dikirim ke laboratorium di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Banjarbaru untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Hal ini dilakukan guna mendeteksi terpapar corona virus atau tidak. Mudahan dengan dikirimnya spesimen tes swab ke laboratorium di Banjarbaru nanti, hasilnya bisa lebih cepat”, harap dr. Mul.

Lebih lanjut dr. Mul mengatakan, kondisi PDP yang dirawat di RSUD Pulpis saat ini kondisinya stabil. Dan pasien tersebut ditempatkan di ruangan dan gedung tersendiri, terpisah dari pasien umum lainnya. Cara penanganannya pun ditangani oleh dokter dan perawat khusus juga yang selalu memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Jadi, saya harap masyarakat tidak perlu khawatir dan jangan takut untuk berobat ke Rumah Sakit,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dr. Mul mengatakan, dirinya bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulpis, Usis I. Sangkai, mendampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis, Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo telah meninjau gedung Kristian Center yang rencananya akan dijadikan tempat isolasi dan perawatan pasien covid-19,

“Untuk pendingin ruangan, ada lima buah AC standing, dan lima buah AC split yang sudah dipasang, dan besok lima ranjang pasien akan diangkut kesana,” jelas dr. Mul.

Sementara itu, Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, yang juga Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1011/KLK, Mayor Inf. Mulyadi menyatakan, pihaknya akan menempatkan personil bidang operasi Gugus Tugas Covid-19 untuk melakukan piket jaga di pos pintu masuk dan keluar area gedung Kristian Center.

“Saat ini kami tengah mengajukan beberapa sarana dan prasarana (sarpras) kepada pihak terkait, termasuk diantaranya kasur matras untuk istirahat personil kami,” tandasnya. KABAR TODAY.COM