Sat Sabhara Polres Pulpis Siap Amankan Pilgub Kalteng 2020

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2020, Sat Sabhara Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, melaksanakan kegiatan pembinaan kekuatan atau Binkuat melalui pelatihan peningkatan kemampuan dan keterampilan personel pengendalian massa (Dalmas).

Kegiatan yang pusatkan di halaman Mapolres Pulang Pisau itu, berlangsung Selasa (1/9/2020).

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kasat Sabhara Iptu Junedinoto mengatakan, bahwa kegiatan ini tidak lain dalam rangka kesiapan pengamanan dan antisipasi gangguan kamtibmas pada agenda tahapan Pilkada tahun 2020.

“Kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan kemampuan Sat Sabhara Polres Pulpis untuk persiapan mengamankan agenda Pilkada tahun 2020 ini,” ucap Iptu Junedinoto kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, personel Dalmas yang dilatih ini merupakan platon Dalmas inti dan kompi kerangka Dalmas dengan perkuatan personel gabungan, baik personel Sat Sabhara dan gabungan fungsi bin serta Ops Polres Pulang Pisau.

“Kegiatan Binkuat ini fokus pada latihan kemampuan dan keterampilan personel Dalmas untuk kesiapan dan kemampuan untuk penanganan gangguan Kamtibmas pada pengendalian jalannya unjuk rasa baik pada situasi hijau ataupun situasi kuning,” katanya.

Menurutnya lagi, personel yang dilibatkan dalam menggunakan alat khusus (alsus) dan kendaran taktis (rantis) yang ada di Polres Pulang Pisau mampu menjalankan tugasnya dengan baik melalui pelatihan ini.

“Pelatihan ini untuk antisipasi dimana saat ddihadapkan dengan situasi unjuk rasa menghadapi Pilgub 2020. Hal ini tentunya mengacu dan sesuai protap yang berlaku,” pungkasnya. KABAR TODAY. COM