Rusli Baco Dg Pallabi Terpilih Jadi Wagub Sulteng

Erwin, Palu – Sempat beberapa kali tertunda dalam pemilihan Wagub Sulteng Priode 2016-2021, akhirnya (08/07/19) pukul 13.46 wita DPRD Sulteng telah menentukan satu nama Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Baco Dg Pallabi yang akan memdampingi Gubernur Sulteng Longki Djangola.

Dari 43 legislator yang menyalurkan hak pilihnya, Rusli yang mendapat nomor urut 1 meraih 35 suara sedangkan nomor urut 2 Andi Mansur Pasande, hanya mendapatkan 8 suara. Rusli adalah pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Sulteng sedangkan Andi Mansur Pasande pengurus Partai Bulan Bintang (PBB).

Dengan demikian, Rusli Dg Pallabi akan dilantik sebagai wagub Sulteng terpilih dengan sisa masa jabatan 2016-2021, mendampingi Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. Rusli Dg Pallabi menggantikan Sudarto yang meninggal pada 2016 silam.

Rusli Dg Pallabi dalam visi misinya mengatakan Bahwa dalam konstruksi penyelenggaraan pemerintah daerah ini, harus dipahami secara beragam dimana salah satunya posisi Wagub hanya terbatas dalam perwakilan dalam acara operasional saja.

“Sebenarnya posisi gubernur adalah salah satu jabatan yang cukup strategis karena ikut menentukan jalannya pemerintahan disamping Gubernur.” Ucap Rusli

Lanjut Rusli, Pihaknya berkomitmen untuk mendampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dalam melanjutkan tugas di sisa masa jabatan 2016-2021.

“Menurutnya pokok pikiran dalam mengemban jabatan Wagub, seperti pelaksanaan tugas Wagub harus dilaksanakan sesuai regulasi yang berlaku. Selain itu, secara garis besar visi dan misi sebagai Wagub harus sejalan dengan visi misi gubernur yang sedang menjabat.” Pungkasnya

Rusli Baco Dg Pallabi dalah putra daerah asal Kabupaten Donggala, Provinsi Sulteng. Ia sebelumnya menjabat anggota DPRD Sulteng.

Rapat Paripurna Dalam Rangka Pemilihan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah turut dihadiri Alimuddin Paada (Wakil Ketua DPRD Sulteng dari Partai Gerindra), H Muharram Nurdin (Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah dari Partai PDIP), Akram Kamarudin (Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tengah dari Partai Demokrat), Hidayat Lamakarate (Sekda Prov. Sulawesi Tengah), Rusli Dg Palabbi (Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional Sulawesi Tengah/Cawagub No Urut 1), Andi Mansyur Pasande (Ketua DPD Partai Bulan Bintang Sulawesi Tengah/Cawagub No Urut 2), 40 anggota DPRD Prov. Sulteng, Forkopimda serta tamu undangan lainnya sekitar 30 orang.

Sekadar diketahui, Berdasarkan hasil pemilihan ini, diperoleh hasil bahwa Rusli Dg Palabbi (Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional Sulawesi Tengah/Cawagub No Urut 1) terpilih sebagai Wagub Sulteng untuk sisa masa jabatan 2016-2021. Untuk selanjutnya, hasil pemilihan Wagub ini yang tertuang dalam berita acara dan Keputusan DPRD Prov. Sulteng akan dikirimkan kepada Kemendagri sebagai pelaporan dan akan segera ditentukan waktu pelantikannya.

Dimana Gubernur Sulteng, Longki Djanggola saat pemilihan diusung empat partai di Pilgub 2015. Yakni Partai Gerindra, PAN, PBB dan PKB. KABARTODAY.com