Ribuan Guru Di Tolitoli Demo Tuntut Hak-nya

Erwin | KabarToday.com | Tolitoli – Sungguh terlalu Pemda Tolitoli ‘enggan’ membayarkan hak guru berupa pembayaran sertifikasi selama guru triwulan III dan triwulan IV tahun 2017 (November & Desember 2017), yang nilainya bervariasi perguru mulai Rp.7 Juta sampai dengan Rp.9 Juta Rupiah yang disesuaikan dengan golongan dan kepangkatan para guru. Akibatnya ribuan guru dari segala penjuru Kabupaten Tolitoli melakukan demo menuntut hak mereka, yang mana para pendemo bernaung di bawah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tolitoli.

Ketua PGRI Kabupaten Tolitoli Gafar S.Pd menanyakan mekanisme pengiriman uang dari pusat hingga tiba ke Tolitoli dan mempertanyakan pula profesioalisme pengelolahan keuangan di Pemda Tolitoli.
.
demo guru 2
.
“Kami datang ke gedung DPRD Tolitoli mau mempertanyakan apa yang menjadi kendala dalam pencairan dana sertifikasi guru yang hingga saat ini belum dibayarkan oleh pemda,”ujar Gafar S.Pd dihadapan para anggota DPRD Tolitoli Rabu (14/3/2018).

Ditambahkannya para guru mengancam akan melakuka mogok kerja sampai hak mereka diterima secara penuh.
“ Kami para guru akan melakukan aksi mogok kerja,” katanya sembari menambahkan jika gaji sertifikasi tidak dibayar kan, kami tidak akan menyusun soal ujian nasional.

“ Para guru hanya menuntut hak kami bukan ingin merampok uang Negara,” imbuhnya dalam orasi demo
Sementara itu, akibat terlabat menerima hak, para guru bersepekulasi bahwa uang bole jadi diduga dipakai atau digunakan oleh oknum-oknum tertentu di kabupaten itu untuk kepentingan pribadi.

“ kami rasakan saat ini, kami para guru menduga ada yang tidak beres didalam pengelolaan gaji sertifikasi para guru,” katanya lagi.

Sementara setelah di cros cek ke Kabupaten lain tak ada permasalah pembayaran hak guru.
.
demo guru
.
“ Kami sudah bertanya kepada teman guru kami dibeberapa kabupaten dana sertifikasi mereka sudah terbayarkan, kenapa hanya Tolitoli yang belum lunas dibayarkan,” tegas Gafar S.Pd.

Dan pihak PGRI selain meyetujui para guru akan mogok kerja, juga akan menindak lanjuti sampai ke ranah hukum.
“ Jika tuntutan kami tidak terpenuhi kami akan coba melaporkan kepihak penegak hukum, dan membuat laporan resmi kepihak kepolisian,” tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak Badan Keuangan Daerah( BKD) Kabupaten Tolitoli untuk total dana tunggakan dana sertifikasi guru yang belum terbayarkan dari Tri wulan III dan IV. ***

EDITOR : JeMmy Tehardjo