Rahmat Basri: Tingkatkan mutu produk perikanan touna

JAYA MARHUM | TOUNA
Luas pesisir pantai Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Provinsi Sukawesi Tengah (Sukteng) menyimpan kekayaan yang melimpah dengan jenis ikan dan biota laut yang beragam. Jika dikelola dengan baik, potensi tersebut akan menjadi salah satu andalan sumber pendapatan daerah yang bisa mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor-sektor lainnya.

Demikian Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Touna Rahmat Basri,S.Pi, M.Si kepada Kabar Today baru-baru ini di Ampana.

Menurut Rahmat Basri, Pemda Touna sejak tahun lalu juga mengembangkan budidaya rumput laut di beberapa wilayah. Selain pengembangan budidaya lainnya.

Kata Rahmat, Dinas Perikanan Touna beberapa waktu lalu juga mendapat bantuan dari Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (DPDS- PKP), Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Bantuan tersebut berupa satu unit mobil coolstorage (pendingin -red) untuk kebutuhan angkutan komoditi perikanan.

Selain mobil, DPDS-PKP juga mrmberikan satu
unit Ice Plake, dengan kapasitas produksi sebanyak lima ton dalam sehari semalam.

Satu unit Ice Plake tersebut, dibangun diatas lahan seluas 5 x 7 meter. Berdiri di kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Labuan, Ampana.

“Tentu kami tak lupa menngucapkan terima kasih tak terhingga atas bantuan DPDS-PKP tersebut dan akan kami manfaatkan sesuai peruntukannya,” kata Rahmat Basri.

Pemda Touna dalam hal ini Bupati Muhamad Lahay tambah Rahnat Basri, sangat antusias dan mengapresiasi bantuan dari DPDS-PKP RI. Bupati berharap semua batuan itu agar dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Saat ini sebut Rahmat, bantuan pusat tersebut pengelolaannya dipercayakan kepada Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mitra Utama, Desa Labuan.

“Semua antuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia tersebut, dalam upaya mempertahankan kualitas dan mutu produk perikanan di Touna,” imbuh Rahmat Basri, menutup percakapan. ” KABARTODAY.com

Editoring: JeM Tehardjo