Promosikan Makanan Tradisional, Desa Mantaren II Bangun Wisata Kuliner

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Gali Pendapatan Asli Desa (PADes), Kepala Desa Mantaren II, Agus Imam Murdiyanto menggagas wadah wisata kuliner di Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau yang saat ini telah rampung pembangunannya.

“Bangunan untuk wisata kuliner yang berlokasi di RT. 07 tersebut, usai dibangun pada tahun 2020 lalu Mas,” kata Agus kepada Kabar Today.com, Senin (25/01).

Ditanya peruntukannya, Agus mengatakan, pembangunan Wisata kuliner tersebut sebagai sarana atau wadah mempromosikan hasil kuliner olahan warga di Desa Mantaren II.

“Kita bersyukur bangunan yang bersumber dari Dana Desa tersebut tidak mengalami kendala selama pembangunannya. Nantinya, kita gunakan untuk mempromosikan jenis makanan khas Desa ini,” lanjutnya.

Banyak aneka ragam jenis makanan khas Desa Mantaren II, tambah ia, diantaranya terbuat dari bahan ubi kayu atau singkong. Sebab, dulunya warga masyarakat Desa Mantaren II ini merupakan warga Transmigrasi yang sempat dikenal tanaman singkongnya.

“Hanya saja, seiring berjalannya waktu, tanaman singkong mulai berkurang,” imbuhnya.

Dengan adanya pembangunan wisata kuliner ini, Agus berharap dapat merangsang atau mendorong warga Desa untuk kembali menanam singkong untuk dipasarkan dilokasi tersebut.

“Selain itu, ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan dan perekonomian di Desa Mantaren II pada khususnya. Sebab, nantinya akan diisi berbagai makanan tradisional untuk dikenalkan kepada wisatawan yang berkunjung,” bebernya.

Untuk pengelolaannya, pihaknya akan menyerahkan bangunan tersebut ke BumDes, dengan harapan dapat menambah serta meningkatkan PADes Mantaren II. Juga sebagai wadah untuk menarik wisatawan dari dan luar daerah.

“Kami berharap, adanya sinergitas antara Pemdes dan Pemkab Pulang Pisau selalu berjalan dengan baik, sehingga pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan PADes ini dapat tercapai,” pungkas Agus. KABAR TODAY.COM