Program PTSL, BPN Kabupaten Tolitoli Berikan 7500 Sertifikat Tanah

Tolitoli, KabarToday.com – Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2018 secara simbolis diserahkan oleh ATR-BPN (Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Negara) Kabupaten Tolitoli kepada Masyarakat Enam Desa di tiga Kecamatan, Kabupaten Tolitoli – sulteng, Rabu [18/12/2018].

Data yang diterima KabarToday.com masyarakat penerima program PTSL di tujuh kecamatan yang ada ditolitoli terdiri dari tiga puluh Desa, dimana antaranya sebanyak eman desa dari tiga kecamatan Diberikan secara simbolis digedung Maramba Tolitoli.(18/12)

KKepala kantor BPN/ATR Tolitoli NURDIN Hi.Y. KUNOLI, S.Si.T.,M.A.P mengatakan Dari 30 desa desa sekabupaten Tolitoli kami targetkan sebanyak 7500 sertifikat terbagi dalam tujuh kecamatan yang ada ditolitoli,” ujar Nurdin Kamis [1/11/2018].

Dari seluruh target tersebut menurut Nurdin, saat ini BPN telah menyelesaikan 7500 bidang “sisanya akan diserahkan secara langsung kepada masing masing kepala desa, melihat kondisi masing-masing desa berikut data kelengkapan dikantor ATR – BPN,” ujar Nurdin.

Proses penyerahan sertifikat hingga saat ini telah berjalan dalam dua tahap penyerahan, “Pertama pada tahun 2017, kedua pada hari ini 19/12 Kabupaten Tolitoli dan selanjutnya hari ini kami akan menyerahkan 1125 secara simbolis dilanjutkan penyerahan kesisahan sertifikat, langsung dimasing-masing desa sebanyak 6.375 buku sertifikat.” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Satu bagian pemerintahaan DR. Adjimain Laterey, M.Si mengatakan dihadapan warga perwakilan penerima buku sertifikat dan tim PTSL ATR-BPN membeberkan, “Program ini terlaksana berkat rekan kepala desa yang telah mengusulkan ajuan warga masyarakat inginkan legalitas kepemilikan dari bidang tanah yang dimiliki oleh warga setempat. tolong dijaga baik-baik buku sertifikat tersebut , agar bisa dimanfaatkan sebagaimana keinginan dari pemerintah pusat , kalaupun sertifikat dijaminkan hanya untuk terjadi terkecuali untuk hal mendesak sekali,” ujar Hi Adjimain

“Bagi tim PTSL ATR-BPN saya berharap kedepannya tahun 2019, pihak kecamatan bisa dilibatkan dalam mendukung program ini.” pungkasnya. Erwin