Polsek Pandih Batu Laksanakan Patroli Terpadu Guna Cegah Karhutla

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepolisian Sektor (Polsek) Pandih Batu, Polres Pulang Pisau (Pulpis) mulai menggelar Patroli Terpadu Anjang Sana di Desa rawan kebakaran. Patroli tersebut digelar sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan Patroli Terpadu tersebut diikuti oleh Dimas Bagus P (MA), Ahmad (MA), Sertu. Gajali Rahman, Bripka Alfiani, Yansyah (MPA). Tim Patroli Terpadu Anjang Sana mengunjungi Kantor Desa Talio Muara disambut Kepala Desa dan Staf Desa.

“Giat ini untuk menyampaikan terkait pencegahan Karhutla di Desa Talio Muara, dalam upaya mengantisipasi terjadinya kebakaran sejak dini,” ungkap Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Pandih Batu, Ipda. Agus SP, Rabu (05/08).

Selanjutnya, kata Agus, Tim melanjutkan kunjungan ke rumah-rumah warga untuk menyampaikan maksud dan tujuan patroli terpadu karhutla. Kemudian Tim mengimbau agar sama-sama menjaga lingkungan sekitar baik kebun ataupun lahan dari kebakaran yang tidak terkendali.

“Sedangkan untuk giat Anjangsana, Tim berkunjung kerumah salah satu warga, yakni Ibu sartini bersema warga lainnya, terkait penyadartahuan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” tambahnya.

Dikatakan Agus, perlu adanya sinergitas dan komunikasi yang baik antara pihak terkait dengan dukungan masyarakat sangat diperlukan. Pihaknya berharap kegiatan pencegahan ini membuahkan hasil bahwa tahun ini tidak terjadi Karhutla di Kabupaten Pulpis.

“Kita harus bersama-sama mengantisipasi terjadinya kebakaran di sekitar lahan kita. Karena kebakaran yang terjadi dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain maupun lahan orang lain,” tegasnya. KABAR TODAY.COM