Polres Tolitoli Launching Smart SIM

ERWIN | TOLITOLI – Korlantas Polri telah mengeluarkan model baru Surat Izin Mengemudi (SIM). Selain model baru, Smart SIM juga memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan SIM lama. Setelah resmi diluncurkan pada 22 September 2019 Tahun lalu yang bertepatan pada Hut Lantas Bhayangkara ke-64.

Kini wilayah hukum Polres Tolitoli menjadi menjadi polres ke-lima (5) di Sulawesi Tengah yang sudah Launching dan siap melayani pembuatan SIM model baru atau Smart SIM, hal ini ditandai dengan melakukan launching Smart SIM di Polres Tolitoli pada kamis (30/1/2020).

Kapolres Tolitoli AKBP Hendro Purwoko. SH, S.ik, mengatakan, bahwa Smart SIM adalah perpaduan antara perubahan bentuk fisik serta mempunyai data chip kartu SIM, dengan memberdayakan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu. Selain itu, meski Smart SIM hari ini sudah dilaunching, SIM lama tetap bisa digunakan. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir.

“Kalau SIM lama sudah habis masa berlakunya, masyarakat bisa menggantikannya menjadi Smart SIM. Kalau SIM lama masa berlakunya kan sesuai tanggal dan bulan lahir, kalau Smart SIM ini (masa berlaku) sesuai dengan tanggal registrasi pembuatan SIM itu,” paparnya.

“Perbedaan Smart SIM ini dengan SIM lama, dimana smart SIM ini lebih simple pada kolom identitas pemohon, sedangkan SIM lama lebih banyak tulisan detail data pemohon meliputi nomor SIM, nama, alamat, tanggal lahir, tinggi badan, foto, tanda tangan dan masa berlaku SIM serta sidik jari. Namun pada Smart SIM sendiri judul identitas pemohon hanya digantikan nomor, sementara foto, sidik jari dan tanda tangan masih di tampilkan pada Smart Sim ini,” tambahnya.

Lanjut Hendro perlu diketahui, Smart SIM tersebut bisa dibuat dimana saja walaupun KTP kita berada di kabupaten Tolitoli, dan kelebihannya dari Smart SIM ini, dalam  pembuatanya bisa di lakukan di mana saja.

“Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang terbaru dengan produk Smart Sim ini, masyarakat sudah tidak perlu lagi binggung dan harus balik kedaerah asal untuk melakukan pembuatan atau perpanjangan SIM, karna Smart Sim bisa di buat di mana saja tampa harus pulang ke da erah asalnya,” Imbuhnya KABARTODAY.com