Poktan “Tani Mukti” Desa Tahai Jaya Perbaiki Jalan Usaha Tani Yang Rusak

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Situasi ditengah Pandemi Corona (Covid-19), membuat banyak warga tidak beraktivitas. Kondisi itu dimanfaatkan sebagian warga masyarakat Dusun Sidodadi, RT. 18 RW.05 Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) “TANI MUKTI” dengan melaksanakan kerja bakti.

“Hari ini kita melaksanakan kerja bakti dengan memperbaiki jalan usaha tani (JUT) yang saat ini kondisinya rusak,” kata Maryoto Ketua Poktan Tani Mukti saat dibincangi Kabar Today.com, Minggu (19/04).

Maryoto mengatakan, warga yang mengikuti kegiatan kerja bakti ini sebanyak 43 orang yang terbagi menjadi tiga kelompok. Dan masing-masing memperbaiki JUT yang ada di Rey 8 RT. 20, Rey 9 RT. 19, Rey 10 RT. 18 Desa Tahai Jaya.

“Kerja bakti ini memang sudah menjadi kegiatan rutin kelompok kami. Untuk lokasinya, kita pioritaskan khusus pada JUT yang menuju lahan kelompok Tani Mukti,” tambahnya.

Dikatakan Maryoto, tujuan diadakannya kegitan ini selain untuk mempererat tali silahturahmi dan juga untuk membahas permasalahan atau kendala yang dihadapi Poktan Tani Mukti terkait JUT dan Pupuk Subsidi.

“Harapan kami pemerintah kabupaten Pulpis melalui SOPD terkait bisa lebih memperhatikan jalan-jalan usaha tani ,sehingga hasil panen bisa diangkut dari lahan dengan lancar,” pintanya.

Sedangkan untuk Pupuk Subsid, Maryoto meminta pemeritah daerah untuk memperhatikan ketersediaan pupuk bersubsidi. Dia mengaku, sampai dengan saat ini, Poktan yang diketuainya itu belum berhasil mendapatkan pupuk.

“Untuk jenis Urea subsidi belum ada mas, jadi kami lagi takut kalau sampai gak ada pupuk, nanti bisa gagal panen. Mungkin dengan adanya pemberitaan ini, dinas bisa membantu untuk memberikan solusi terkait ketersediaan pupuk,” tandasnya. KABAR TODAY.COM