Personel TNI Kodim 1305/BT Meninggalkan Kesatuannya

Tolitoli, Kabartoday.com – Beberapa waktu lalu beredar informasi hilangnya salah satu anggota Kodim 1305/BT yang bernama Praka Obed Banglo. Berdasarkan informasi yang di himpun media ini, bahwa yang bersangkutan sudah kurang lebih tiga bulan telah meninggalkan instansi Kodim 1305/BT.

Terkait hilangnya salah satu dari anggota Kodim 1305/BT, media kabartoday.com mencoba mengkonfirmasi kepada Komandan Kodim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis P membenarkan bahwa Praka Obed Banglo telah meninggalkan instansinya dan sampai saat ini belum diketemukan.

“Bahwa Praka Obed Banglo sudah dua kali meninggalkan instansinya, dimana sebelumnya sekitar 4 bulan yang lalu yang bersangkutan sudah pernah melakukan hal yang sama, namun berhasil diketemukan,” Ungkap Dandim.

“Jadi saat pertama kali meninggalkan satuan dan diketemukan, Kodim 1305/BT sudah melaporkan kejadian tersebut secara berjenjang kepada pimpinan, Tutur Dandim.

Dandim menjelaskan bahwa saat itu tidak dilaksanakan proses hukum terhadap Praka Obed Banglo, dikarenakan pada saat proses berjalan ditemukan adanya indikasi ketidaknormalan dalam hal berkomunikasi pada diri Praka Obed Banglo, sehingga Kodim 1305/BT memberikan perlakuan khusus kepada yang bersangkutan.

“Yang bersangkutan secara rutin dilaksanakan konseling secara dinas, bahkan juga dilakukan pendekatan rohani dengan dikonsultasikan kepada Pendeta baik yang di undang ke Kodim 1305/BT maupun yang bersangkutan langsung dibawa ke gereja. hal itu sudah sesuai arahan pimpinan atas untuk mengedepankan pembinaan dan pengawasan khusus terhadap yang bersangkutan sehingga proses secara ketentuan militer sementara ditunda. Imbuhnya

Lanjut Dandim, Selama dalam pembinaan dan pengawasan khusus diperoleh indikasi tentang kelainan pada kejiwaan Praka Obed Banglo.  Oleh karenanya yang bersangkutan direncanakan untuk diperiksakan secara medis kepada dokter spesialis.

“Sungguh disayangkan sebelum dirujuk ke dokter spesialis yang bersangkutan telah melarikan diri meninggalkan Kodim 1305/BT,” Beber Dandim seraya berharap kalau ada masyarakat yang mengetahui keberadaannya untuk segera menginformasikan ke Kodim 1305/BT.

Lagi, Kodim 1305/BT terus melakukan pencarian bahkan sudah mengeluarkan DPO ke satuan jajaran Korem 132/Tdl, mudah-mudahan masih dapat diketemukan, karena pada batas waktu tertentu proses secara militer harus dilaksanakan. *** Erwin***