Personel Pengamanan TPS Pilgub Sulteng di Lepas Oleh Kapolres Buol

Buol | Kabartoday.com – Kepolisian Resor (Polres) Buol senin (07/12) pukul 08.00 Wita, menggelar upacara pelepasan personel pengamanan TPS Pilgub Propinsi Sulteng 2020.

Upacara pelepasan langsung di pimpin oleh Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K., dan didampingi Pabung 1305/ BT Mayor Inf. Jeffry Mamonto dan Asisten 1 Kabupaten Buol Suwondo, S.Sos.

Dalam Kegiatan Upacara apel. Pelepasan turut dihadiri
Wakapolres Buol, Kompol Johnny Bolang, S.Sos.,MH, Assisten Adm Pemerintahan dan Kesra, Suwondo, Pabung Kodim 1305 / BT Mayor Inf Jefrry Mamonto, Pejabat Utama Polres Buol, Danposal Buol Lettu (L) Dwi Yuli H, Ketua KPU Kabupaten Buol Alamsyah, S.E., Dir RSUD Mokoyurli Buol, dr. Arianto Panambang, Kasat Pol-PP, Asrarudin, Kasi Intel Kejari Buol, Usman Lauku, Sekretaris BPBD Kabupaten Buol Lisa Monalisa, S.STP.

Sedangkan untuk peserta apel terdiri dari seluruh personel Polres Buol, 1 peleton personil TNI, 1 peleton personil BKO Brimob Polda Sulteng, 1 peleton personil BKO PAM TPS Polda Sulteng, 1 peleton Pol-PP dan 1 peleton BPBD Kabupaten Buol.

Kapolres Buol dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini akan dilakukan pergeseran personil untuk pengamanan TPS di H-2 pemungutan suara.



“Personil yang akan digeser ke PPK sekaligus akan melakukan pengawalan logistik surat suara ke masing-masing PPK dan selanjutnya akan di geser ke masing-masing TPS,” Ucapnya

Lanjut Kapolres, dalam pelaksanaan pemilu kali ini berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya dikarnakan saat ini kita dihadapkan dengan pandemi covid-19. Pada dasarnya teknis pelaksanaannya masih tetap sama, namun perbedaannya adalah adanya wabah covid 19 sehingga pelaksanaannya harus berpedoman pada protokol kesehatan.

“Maka dari itu kita harus betul-betul mempedomani aturan protkes, untuk menghindari munculnya klaster pilkada penyebaran covid-19,” ucap Kapolres Dieno Hendro Widodo.

Lagi menurut Kapolres, Personil yang melakukan pengamanan pilkada agar betul-betul menerapkan protkes dengan selalu menggunakan APD.

“Lakukan pemetaan situasi di seputaran TPS, segera kenali petugas di PPK dan TPS serta lakukan komunikasi dan koordinasi dengan aparatur desa maupun tokoh masyarakat sehingga apabila terjadi hal-hal yang mendesak dapat segera dilakukan tindakan yang tepat,” Imbuhnya

Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo terus mengingatkan agar personil tetap menjaga netralitas serta selalu menjaga kesehatan dan yang paling penting dalam pemilu yaitu mengamankan kotak suara dari bahaya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kepada seluruh personil yang dilibatkan dalam tugas pengamanan, Saya Kapolres Buol menegaskan agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” Katanya.

Diakhir Upacara Apel Pelepasan, Kapolres Buol mengucapkan Selamat kepada semua personil yang bertugas dilapangan untuk selalu menjaga kesehatan selama berada di tempat tugas. ***Erwin***