Persiapan Pilkada, Ketua KPU Bekunjung di Polres Tolitoli

ERWIN | TOLITOLI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli selasa (09/06) melakukan silaturahmi dan koordinasi di Polres Tolitoli yang baru, Silaturahmi yang dilakukan guna membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Kedatangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli dipolres Tolitoli langsung disambut oleh Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH bersama Kabag Ops Polres Tolitoli Kompol Margiyanta SH di ruang kerja Kapolres Tolitoli.

Kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli dipolres Tolitoli Turut dihadiri langsung oleh Ketua KPU Suleman Pajalani SH, Sekretaris KPU Habiba Timumun S.Sos, Kasubbag Tekhnis serta para Komisioner KPU Kabupaten Tolitoli.

Pertemuan antara ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli, Kapolres Tolitoli langsung memperkenalkan diri sebagai Kapolres Tolitoli yang baru dan mohon diterima sebagai bagian masyarakat Kabupaten Tolitoli. Kapores Tolitoli juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan bathin.

Kunjungan Komisi Pemilihan Umum Tolitoli, Kapolres Tolitoli dalam penyampaiannya mengatakan akan meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Polres Tolitoli dan KPU dalam rangka menyukseskan Pilkada Tolitoli tahun 2020.

“Polres Tolitoli akan menyiapkan pengamanan baik kantor KPU, gudang maupun pergeseran logistik serta monitoring setiap tahapan kegiatan,” Ucapnya

Lanjut Kapolres, kepada KPU Kabupaten Tolitoli tetap menjaga sinergitas dengan Polres Tolitoli untuk mewujudkan kelancaran pada pelaksanaan pilkada tahun 2020.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tolitoli Sulaeman mengatakan, bahwa PKPU Tahapan dan jadwal pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi covid-19, sampai saat ini KPU masih menunggu dari KPU RI. Namun demikian, tahapan pilkada akan dimulai pada tanggal 15 Juni 2020 mendatang.

“Pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi covid-19, sampai saat ini KPU Tolitoli masih menunggu dari KPU RI, “Ucap Sulaeman

Ketua KPU Kabupaten Tolitoli dalam penjelasannya terkait anggaran mengatakan, anggaran pelaksanaan pilkada daerah untuk Kabupaten Tolitoli tidak mengalami penambahan yakni tetap pada angka Rp.33,4 milyar.

“Anggaran pelaksanaan pilkada Tolitoli dimasa pandemi Covid 19, tidak ada mengalami perubahan,” Jelas Sulaeman

Lanjut Sulaeman, KPU Tolitoli telah melaksanakan resonalisasi anggaran pilkada, sehingga disepakati dari anggaran pilkada tersebut akan dilakukan pembiayaan Alat Pelindung Diri (APD) terkait protokol kesehatan bagi penyelenaggara, peserta pemilu dan wajib pilih.

“Kami KPU telah malakukan kesepakatan antara Komisioner, anggaran Pilkada yang diberikan pemerintah daerah, akan dianggarkan pembiayaan Alat Pelindung Diri (APD) terkait protokol kesehatan bagi penyelenaggara saat Pilkada mendatang,” Imbuhnya

Ditambahkanya lagi, untuk jumlah TPS di pilkada tahun 2020 Kabupaten Tolitoli tidak mengalami perubahan yakni sebanyak 500 TPS dan tersebar di 103 Desa dan 6 Kelurahan.

Ditempat yang sama Sekretaris KPU Kabupaten Tolitoli mengatakan, bahwasahnya KPU Kabupaten Tolitoli siap melaksanakan pilkada serentak tahun 2020 ditengah pandemi covid-19.

“KPU Tolitoli akan selalu siap melakukan pemilihan kepala daerah ditengah pandemi Covid 19, jika wabah ini masih terus berlangsung, KPU harus siap menyukseskan pemilhan kepala daerah nantinya,” Ucapnya

Kapolres Tolitoli pada kesempatannya menegaskan bahwa Polres Tolitoli dan jajarannya siap mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak di wilayah hukum Polres Tolitoli ditengah pendemi covid-19 agar tetap aman, damai dan tetap kondusuf.

Kapolres Tolitoli juga menyampaikan agar disetiap tahapan pilkada yang akan dilaksanakan agar tetap menetapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan covid-19. KABARYODAY.com