Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2021 M, di Hadiri Komandan kodim 1305/BT

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Dandim 1305/BT Letkol Inf Farid Yudis Purwanto menghadiri Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2021 M, yang di selenggarakan oleh Pemda Kab. Tolitoli bertempat di Pantai Gaukan Bantilan Kelurahan Nalu, Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Rabu pagi (27/10/2021).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2021 M, di Pantai Gaukan Bantilan mengangkat tema “Menebar Empati, Perkuat Silaturrahmi Dalam Semangat Gotong Royong” serta turut dihadiri, Amran Hi. Yahya (Bupati Tolitoli) bersama Ibu, Letkol Inf Farid Yudis Purwanto (Dandim 1305/BT), Lettu PM Beni Asmono (Danpomal Lanal Tolitoli) mewakili Danlanal, AKP Hasan (Kasat Binmas Polres Tolitoli) mewakili Kapolres), Anhar Dg. Mallawa, SE. (Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra), Moh. Azrul Bantilan, S.Sos (Sekda Kab. Tolitoli), Drs. H. Abd. Hamid Sanewing, M.H. (Ketua Pengadilan Agama Tolitoli), Saptono, SH. MH (Ketua Pengadilan Negeri Tolitoli), H. Muchlis, S.Ag. M.Pd (Kepala Kementerian Agama Kab. Tolitoli), Para Kepala OPD dan Pimpinan Unit kerja lingkup Pemerintah Daerah Kab. Tolitoli, Idris Simon, SP (Kepala BMKG Kls III Sultan Bantilan), Arham Jacub, SH. (Kabag Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Setdakab), dan Panitia serta tamu undangan ± 300 orang.

Ustad Hi. Muchlis, S.Ag. M.Pd dalam tauziah menjelaskan Hikma Maulid Nabi Muhammad SAW, menjadi salah satu wujud kecintaan kita kepada Rasulullah Muhammad SAW, dan mari kita kirimkan shalawat dan salam kepada beliau yang telah berjuang untuk umat dari kegelapan menuju kepada alam yang terang benderang.

“Semua sifat Nabi Muhammad SAW perlu dan wajib untuk diteladani, khususnya dalam hal kesabaran, keteguhan hati dan terutama perjuangannya di jalan Allah SWT,” ungkap Ustad Hi. Muchlis, S.Ag. M.Pd

Lanjut Ustad Hi. Muchlis, mengatakan Nabi Muhammad SAW merupakan sosok sempurna cerminan Al-Qur’an yang hadir di tengah-tengah umat manusia dengan kabar gembira.

“Salah satu pengingat kita saat ini adalah selalu memegang teguh ketauladanan beliau yakni dengan merayakan hari Maulid Nabi yang didalamnya membaca shalawat kemudian melakukan hal-hal kebajikan lain seperti santunan kepada anak yatim,” Katanya.

Ditempat yang sama Bupati Tolitoli dalam sambutanya menyampaikan atas nama Pemerintah daerah dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada panitia serta masyarakat atas terselenggaranya kegiatan yang penuh barokah ini.

“kita patut bersyukur pada hari ini kita dapat kembali menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dimana peringatan seperti ini setiap tahun kita selenggarakan di seluruh tanah air, semua itu kita lakukan sebagai ungkapan penghormatan dan kecintaan kita yang kepada Nabi Muhammad SAW telah membawa risalah kebenaran bagi umat manusia,” Ucap Bupati Amran Hi. Yahya.

Lebih jauh Amran menuturkan, Bahwa hikmah dan pelajaran perjuangan Nabi Muhammad SAW bagaikan mata air yang tidak pernah kering, semakin kita dalami perikehidupan Rasulullah semakin terasa agungnya nilai-nilai luhur ajaran Islam, dan nilai-nilai luhur.

“Hal itulah yang mampu membimbing kita untuk menapaki kehidupan di dunia yang penuh tantangan dan cobaan peringatan Maulid ini, juga merupakan wahana bagi kaum muslim untuk dapat lebih menggali dan meneladani contoh dan suri teladan sifat-sifat dan kepribadian serta pelajaran hidup Rasulullah SAW, semuanya itu akan menjadi pedoman bagi kita dalam mengisi dan mengatur kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” Bebernya

Ia menambahkan, Rasulullah SAW juga memberikan teladan kepada kita untuk membangun tatanan kehidupan bernegara, yang adil dan sejahtera menjunjung tinggi keadilan sosial musyawarah untuk mufakat penghormatan terhadap hak dan nilai-nilai kemanusiaan, serta menjaga harmoni sosial tatanan kehidupan kenegaraan, dan itulah yang menjadi inspirasi bagi kita untuk membangun kehidupan yang lebih beradab pada saat ini dan masa depan.

“Sebagai aparatur sipil negara diharapkan bisa mencontoh dan meneladani Nabi Muhammad SAW, kita meneladani beliau, baik dalam kapasitasnya sebagai pribadi, sebagai pemimpin yang agung, serta tentunya banyak yang patut kita contoh dalam kapasitas beliau sebagai Rasulullah,”Pungkasnya ***