Penderita Kusta Dan Frambusia Masih Tinggi Di Tolitoli

Erwin | KabarToday.com | Tolitoli – Penyakit Kusta dan Frambusia masih merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, setiap tahun ditemukan sekitar 20.000 penderita kusta dan 6.000 penderita frambusia.

Dinas Kesehatan Tolitoli menyelenggarakan Advokasi, Sosialisasi dan Pelatihan singkat dalam rangka Intensifikasi penemuan kusta dan frambusia,yang bertempat di Aula Hotel Mitra. Disebabkan di Kabupaten Tolitoli lima puluh tujuh orang penderita kusta. olehnya itu.

“ Kegiatan Advokasi Sosialisasi dan pelatihan singkat mempunyai tujuan yaitu untuk mensosialisasikan penyakit kusta dan frambusia di semua kalangan masyarakat, Adanya pencegahan dan pengendalian, dan tersusunnya jadwal pelaksanaan intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia,” dikatakan Ketua Panitia, Mattalata Tanra S. Kep. M. Kes.

Sementara itu, Bupati Tolitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Mukaddis Syamsuddin M. Si membuka dengan resmi kegiatan tersebut.

Dikatakan  Mukaddis Syamsuddin, bahwa Advokasi merupakan suatu upaya untuk mendapatkan komitmen yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah serta pemangku kepentingan terkait, sehingga kegiatan yang dikemas dalam bentuk kampanye kusta dan eradikasi frambusia adalah suatu sarana untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat dengan kecacatan yang ditimbulkan dan berharap bisa memutuskan mata rantai penularan pada keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan bakri idrus,Camat Baolan, dan Kepala-kepala Puskemas se-Kabupaten Tolitoli. ***