Pemprov Sulteng Dapat Hibah 1 Unit Kapal Dari KKP

TOLITOLI | Kabartoday.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyerahkan hibah satu unit kapal Pengawasan Perikanan ke Provinsi Sulawesi Tengah, Kapal tersebut bernama KP Todak 01 yang saat ini sedang berlabuh di pelabuhan Dede kabupaten Tolitoli (10/11/2020).

penyerahan hibah kapal KP Todak 01 dilakukan di dermaga Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Bitung, dan penyerahan ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Ungkap Agus

Kepala bidang pengawasan pemberdayaan perikanan dan kelautan Agus Sudaryanto mengatakan Hibah satu unit kapal pengawas yang dilakukan KKP, bagian dari tindak lanjut kunjungan Menteri KP Edhy Prabowo ke dua daerah melakukan komunikasi, konsolidasi dan koordinasi terkait keinginan daerah itu punya kapal pengawas.

“Kapal yang kami terima sebelum digunakan untuk melakukan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan. Berada Di bawah komando PSDKP Sulteng, ” Ucap Agus.

Lanjut Agus menuturkan Pihaknya berharap 1 Kapal pengawas yang dihibahkan KKP bisa dimanfaatkan dan pergunakan dengan tentunya akan disuport oleh KKP dengan memberikan norma standart prosedur kriteria (NSPK).

“Nantinya untuk operasionalnya sudah jadi kewenangan dari pemerintah daerah sulawesi tengah,” Imbuhnya

Ditambahkanya lagi, Untuk kondisi kapal KP Todak 01 yang dihibahkan masih sangat layak, uji coba terakhir mampu melaju dengan kecepatan 10 knot.

“Untuk pengawasan dibawah 12 mil ke bawah masih layak, kalau kapal yang besar ke ZEE dengan speed lebih tinggi,” tambahnya.



Agus menambahkan, intinya pihak pemerintah pusat KKP selalu bersinergi dalam melaksanakan tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dalam menjaga peraian laut.

“Utamanya adalah Pemberantasan illegal fishing, pengeboman ikan merupakan tugas berat yang tentu tidak bisa dilakukan oleh KKP sendirian. Tentu saja di lapangan kita bahu membahu dengan TNI AL Pol Air, dan Bakamla, dan Unsur maritim lainnya, ‘ ungkapnya.

Perlu diketahui, KP Todak 01 tiba hari Selasa pagi di pelabuhan dede kabupaten Tolitoli, dinakhodai Kapten Yohanes.

“Kapal itu di bawah komando Stasiun PSDKP Sulteng dengan wilayah operasinya di Perairan Sulawesi dan sekitarnya, KP Todak 01 memiliki alat komunikasi serta alat navigasi untuk memantau keamanan wilayah perairan Indonesia,” katanya saat meninjau kapal pengawas di pelabuhan Dede.

Ia mengatakan, penyiagaan kapal KP Todak 01 dengan ukuran panjang 18 meter ini untuk memaksimalkan kerja pengawasan kelautan di provinsi Sulteng.

“Kapal ini juga berkecepatan maksimal mencapai 15 knot, dldengan Bobot mati 46 GT, dan jumlah ABK 9 orang sehingga kita berharap kerja pengawasan laut maritim dan daerah pesisir menjadi lebih maksimal nantinya,” katanya.

Berlabuhnya Kapal KP Todak 01 di dermaga pelabuhan Dede Tolitoli disambut baik oleh Komandan Lanal Tolitoli, Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, S.T., dan didampingi Pasitel lanal Tolitoli Kapten Laut (P) M Pohan .

Pada kesempatan itu Danlanal Tolotoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, S.T., mengatakan dengan adanya hibah kapal pengawas KP Todak 01 kepada pemerintah provinsi Sulawesi tengah dibawah pengawasan PSDKP bisa bersinergi dengan TNI Angakatan laut dalam menjaga laut Maritim dan melakukan pengawasan daerah pesisir.

“Saya berharap KP Todak 01 Selalu bisa bersinergi dengan TNI Angkatan Laut dalam mengawasi perairan laut Sulawesi tengah dari gangguan kapal nelayan asing yang mencuri ikan di batas maritim dan menjaga ekosistem laut dari pengeboman ikan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab,” Pungkasnya***ERWIN***