Pemerintah Dibantu Babinsa Perbaiki Jembatan Buol Yang Putus Akibat Banjir

ERWIN | BUOL – Akses jalan yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Utara (Gorontalo) menuju Provinsi sulawesi tengah (Buol) sudah bisa dilalui. Sebelumnya, kendaraan roda dua (2) tidak bisa melalui jalan ini karena jembatan rusak akibat diterjang banjir.

Saat ini Upaya yang dilakukan Babinsa Koramil 1305-06/Paleleh bersama dengan aparat Desa Lintidu dan Polsek Paleleh berupaya membuat akses jembatan darurat sementara agar bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.(23/12)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai BPJN XIV Sulteng PJN 1 dengan cepat memperbaiki Jembatan desa Lintidu yang berada di kabupaten Buol Kecamatan Paleleh, Perbaikan itu dilakukan bersama sama personil TNI AD Kodim 1305/BT.

Kepala Satuan Kerja (Satker) PJN XIV Wilayah 1 Sulawesi tengah Irfan menyampaikan, instansinya dengan cepat melakukan perbaikan di jembatan Lintidu yang tergerus Banjir tanggal (23/12), agar masyarakat dan pengendara Roda empat bisa melakukan aktivitas kembali.

“Saat ini kami bersama Babinsa Paleleh sudah melakukan penimbunan kembali ditanggul jembatan yang jebol, dan kini jembatan Lintidu bisa dilewati empat kendaraan roda empat satu arah secara bergantian,” kata dia saag dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp (24/12).

Lanjut Irfan, Akibat Hujan deras yang berkepanjangan, sampai mengakibatkan tanggul jembatan Lintidu kecamatan Paleleh desa Harmoni mengakibatkan luapan air banjir mengenagi halaman rumah warga.

“Saat tanggul Jembatan jebol, luapan air masuk keperkarangan rumah warga.”Ucapnya

Ditambahkannya lagi, mengingat masa liburan natal dan tahun baru sudah didepan mata, dan jalur trans Sulawesi yang menhubungkan provinsi Gorontalo dengan kabupaten buol ini banyak dilintasi pengendara roda dua dan empat saat liburan.

“Jalan trans sulawesi ini banyak digunakan oleh masyarakat gorontalo dan buol makanya saat mendapatkan informasi terkait tanggul jembatan yang jebol, kami segera turun lapangan untuk melakukan perbaikan.”Tuturnya

Kementerian PUPR melakukan mobilisasi timbunan tanah untuk mempercepat perbaikan dilapangan. Dan saat ini jalan trans Sulawesi sudah kembali normal.

“Saya menghimbau kepada pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di kabupaten buol menuju provinsi Gorontalo dan sebaliknya agar selalu waspada, karna kondisi cuaca saat ini belum bisa diprediksikan,”Pungkasnya KABARTODAY.com