Peduli Penyandang Disabilitas, Disnakertrans Pulpis Launching ULD

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Plt. Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang melalui Asisten lll Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Ir. Satria During meresmikan Launching Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan sebagai bentuk kepedulian kepada para penyandang disabilitas. Kegiatan bertempat di Aula Dinas Sosial Pulang Pisau, Selasa (15/06).

Launching ULD tersebut merupakan bentuk Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pulang Pisau, dalam rangka memberikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai penerapan Peraturan Pemerintah (PP) RI nomor 60 tahun 2020 tentang Unit Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Ketenagakerjaan,” kata Rini Widigdo, ST selaku Kabid P3T Disnakertrans Pulang Pisau.

Selain itu, lanjut perempuan yang akrab disapa Rini, kegiatan itu juga merupakan Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan baru satu-satunya Kabupaten di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang melakukan pembentukan ULD Bidang Ketenagakerjaan.

“Ini juga untuk meningkatkan kinerja organisasi Disnakertrans melalui penguatan tupoksi. Dan bermanfaat besar bagi masyarakat luas khususnya penyandang disabilitas pencari kerja. Karena selama ini mereka kurang mendapatkan perhatian,” tambahnya.

Selanjutnya, kata Rini, pihaknya juga akan membangun kerjasama dalam bentuk memfasilitasi dan memotivasi dunia usaha, seperti BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang beroperasi di Kabupaten Pulang Pisau untuk memperkerjakan penyandang disabilitas.

“Karena sudah diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 2, pasal 28 A dan pasal 28 D ayat 2,” ungkapnya.

Rini melanjutkan, dari hasil pendataan yang diperoleh, ada beberapa penyandang disabilitas di Kabupaten Pulang Pisau yang telah mendapatkan pelatihan dari Dinas Sosial, akan tetapi hingga saat ini belum mendapatkan kesempatan bekerja di dunia usaha.

“Mari bersama kita peduli kepada penyandang disabilitas sebagai bentuk penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Dan bagi pelaku usaha, kami berharap agar membuka peluang kerja untuk penyandang disabilitas seluas-luasnya,” harapnya. KABAR TODAY.COM