PB-IKIB Menggeliat Kembali Songsong Mubes IV

JAYA MAHRUM | PALU | SULTENG – Ahad siang, 29/9, selembar undangan bersampul putih, diantar seseorang ke meja redaksi Kabar Today.

Dua orang membubuhkan tanda tangannya selaku penginisiatif. Drs. Ahmaf A.H. Rasyid, M.Si dan Amat Entrdaim, SH. Keduanya selaku pengundang yang mengundang Kabar Today untuk hadir.

Undangan tertanggal 28/9. Rapat yang digelar secara sederhana sore itu, berlangsung dalam suasana keakraban dan kekeluargaan, di Warkop Tripel F Jl. Mangunsarkoro No. 27. Ya, rapat pembentukan Panitia Musyawarah Besar (Mubes) IV Pengurus Besar (PB) Ikatan Keluarga Indonesia Buol disingkat IKIB.

Yang hadir, nampak sebagian sesepuh Buol dan tokoh mudanya dari berbagai latar pendidikan dan jabatan.

Para cendikia muda pada PTN dan PTS di Palu, juga kalangan profesional serta jurnalis.

Memang, gaung PB-IKIB seakan tidak tetdengar beberaoa tahun belakangan.

Bahkan kalau dulu minimal ada ajang silaturahmi pada momen Halal Bil Halal.

Namun, acara-acara seperti itu seakan hilang dalam agenda rutin kepengurusan PB-IKIB yang terpilih pada Mubes PB-IKIB III.

Kurang lebih empat tahun berjalan, tidak nampak program yang greget dan signifikan Maka, lewat undangan rapat pembentukan Panitia Mubes IV Ahad petang itu, naga-naganya nerupakan mata rantai berakhirnya kepengurusan perempat tahunan PB-IKIB, dari 2015 hingga 2019.

Sekaligus menjawab kevakuman selama ini, dengan plan inovatif yang kreatif, sesuai AD dan ART organisasi.

Sebelum Mubes IV yang rencananya akan dihelat akhir Desember nanti, Ketua Umum H. Ibrahim Timumun, S. Sos yang telah menjadi nakhoda sebelumnya, bakal menyerahkan tongkat estaoet PB-IKIB kepada Ketum terpilih.

Rapat yang dimulai pukul 16.00 Wita dan berakhir 17.30 wita, secara aklamasi kemudian memilih Stering Commite (SC) sembilan orang. Ketuanya Ir. H. Syamsudin Salakea.

Nama berikut masing-masing Drs. Sudirman K. Udja, M.Si, Drs. Syaiful Bahri Labha, M. Eng, Syarifudin U. Datu, SH, MH, DR. Syamsul Rizal Suleman, DR. Mochtar Marhum, M.Ph, DR. Yunus Sading, SE, M.Si dan Sofyan Yusuf, SH. SC tersebut kata Ahmad Rasyid akan segera dibentuk dan disusun formasinya sesuai KSB.

Selain SC sebut Ahmad Rasyid, juga terpilih Ketua Organizing Comnite (OC) dan dipegang oleh Amat Entedaim, SH selaku ketua.

Sekretaris Drs. Ahmad AH. Rasyid, M.Si dan masing-masing Dra. Hj. Ramlah Butudoka dan Dra. Hj. Raintini Dauda selaku bendahara.

Baik SC dan OC segera menyusun kepanitiaan karena akan membidani acara Mubes yang rapatnya diagendakan pekan depan.

Ketua OC terpilih Amat Entedaim kepada Kabar Today mengatakan, inisiatif menggelar Mubes IV PB-IKIB lantaran tuntutan keberlangsungan dan eksistensi organisasi.

“Jika tidak digagas dan dicetuskan, siapa lagi yang bisa kita harap,” kata Amat Entedaim.

Dikesempatan terpisah, Ketua SC terpilih Ir. H. Syamsudin Salakea berharap, teman-teman yang tergabung dalam SC Mubes IV PB-IKIB agar bisa bekerja sama demi suksesnya acara tersebut.

“Mari bersama, kita sukseskan Mubes PB-IKIB Desember nanti, dengan sesegera menyusun agenda rapat berikutnya pekan depan.* KABARTODAY.com