Pantang Menyerah Sampai Akhir, Seragam Paskibra Berlumur Bercak Lumpur

Tolitoli, Sulteng| Kabartoday.com – Walaupun kondisi cuaca yang tidak menentu beberapa hari belakangan ini, tak menyurutkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 melaksanakan tugas akhirnya dalam penurunan bendera merah Putih.

Hal itu terlihat jelas saat pasukan berbaju putih dengan jiwa nasionalisme yang telah tertanamkan didalam dirinya saat mengikuti latihan selama sebulan penuh, untuk melintasi jalur berlumpur yang membuat pakaian putih mereka berlumur bercak lumpur.

Itu dilakukan saat upacara Penurunan Bendera sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli pada selasa petang Tanggal 17 Agustus 2021.

Dari pantauan media, meskipun kondisi lapangan upacara yang becek setelah diguyur hujan namun hal itu tidak menyurutkan semangat seluruh anggota Paskibra dalam menyelesaikan tugas akhirnya saat akan menurunkan bendera, seragam putih pun berubah menjadi warna coklat akibat cipratan hentakan kaki.

Hal ini juga dirasakan oleh pasukan dari unsur TNI dan Polri yang turut mendampingi anggota Paskibra, Karena rasa hormat, cinta dan bangga dalam menghargai bendera kebangsaan yang akan diturunkan setelah berkibar sehari penuh.

Upacara penurunan bendera dimulai tepat pukul 17.00 Waktu Indonesia Tengah itu, dan dipimpin oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan selaku Inspektur Upacara serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemda, Perwakilan Instansi Vertikal dan BUMN serta sejumlah perwira TNI dan Polri.

Tiga orang anggota paskibra yang juga merupakan siswa Sekolah Menegah Atas/Kejuruan yang menurunkan bendera bernama Aldino S dari SMK Negeri 1 Tolitoli, Daffa Christiano Tumadang dari SMA Atmajaya Tolitoli dan Febriyana Hi. Mallu dari SMA Negeri 1 Tolitoli.

Anggota Paskibra yang bertugas menurunkan bendera kemudian diserahkan kepada Fatia Rahmah dari Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli sebagai pembawa baki dan selanjutnya diserahkan kepada Wakil Bupati Tolitoli selaku Inspektur Upacara.

Penampilan seluruh anggota Paskibra yang tetap semangat dan berdisiplin meskipun seragam mereka telah penuh lumpur mengundang decak kagum seluruh peserta upacara termasuk masyarakat umum yang sedang menjalankan jalannya upacara dari luar lapangan. ***