Ops Ketupat Telabang 2021 Digelar, Berikut Pesan Bupati Edy Pratowo

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polres Pulang Pisau, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Talabang 2021 yang bertempat di halaman Mako Polres Pulang Pisau, Rabu (05/05) pagi.

Kegiatan yang turut dihadiri Kejari Pulang Pisau tersebut, juga melibatkan personel Polres Pulang Pisau, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), BPBD serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau.

Selaku Inspektur ucapara, Bupati Edy Pratowo yang didampingi Kapolres Pulang Pisau, AKBP. Yuniar Ariefianto menyampaikan sambutan yang juga sekaligus amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa operasi tahun ini mengedepankan kegiatan deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H dengan menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman,” kata Bupati Edy dalam poin sambutan Kapolri.

Dijelaskannya, pelaksanaan operasi ketupat tahun 2021 ini, secara umum melibatkan 90.592 ribu personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya, terdiri Satpol PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Jasa Raharja dan lain-lain.

“Seluruh personel tadi akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos untuk pengamanan terkait gangguan Kamtibmas, dan 596 pos pelayanan serta 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian,” papar Edy.

Masih dalam poin amanat Kapolri, Edy melanjutkan, dalam pelaksanaan ini para petugas wajib mematuhi Protokol Kesehatan, dengan menerapkan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas tinggi.

“Jadi, dalam merayakan lebaran ditengah Pandemi Covid-19 ini, mari bersama bahu-membahu mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19 ini. Tetap waspada, jangan lengah apalagi mengabaikan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara, secara teknis disampaikan Kapolres Pulang Pisau, pelaksanaan operasi ini dilakukan secara terpadu dengan menyiapkan beberapa pos pengamanan, termasuk pos di wilayah Bahaur (Kahayan Kuala) sebagai lokasi pelabuhan penyebarangan antar pulau.

“Ya kami berpesan, agar masyarakat terus menerapkan 5 M dan Prokes, khususnya saat pelaksanan ibadah. Untuk operasi Telabang tahun ini berlangsung selama 12 hari yang dimulai pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 kedepan,” singkat Kapolres usai kegiatan apel gelar pasukan. KABAR TODAY.COM