Operasi Tinombala 2019, Polres Tolitoli Sebar Brosur Keselamatan

ERWIN | TOITOLI –  Satuan Lalulintas Kepolisian Resort Tolitoli menggelar Operasi Keselamatan Tinombala 2019. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan di Kabupaten Tolitoli.

Operasi serentak yang digelar di seluruh Indonesia ini, Satlantas Polres Tolitoli membagikan brosur. Mereka juga mensosialisasikan serta memberikan edukasi terhadap para pengguna jalan pentingnya keselamatan berkendara di Jalan S Panggesar Depan dan dalam Terminal Susumbolan.

“Dalam pelaksanaan sosialisasi kepada pengguna jalan, kami menggunakan media brosur, stiker dan papan gimmick sebagai sarana menyampaikan pesan-pesan keselamatan,” ujar Kasat Lantas Polres tolitoli, AKP.I Nyoman Raka Arya Wiyasa (29/4).

Menurut AKP. I Nyoman, penggunaan media stiker, brosur itu, lebih mengena dalam penyampaian pesan, sehingga pengguna jalan lebih cepat memahami himbauan keselamatan apa yang disampaikan oleh petugas.

“Bagi pengendara Roda Dua Dan Rmpat kami berpesan untuk selalu mengingatkan sanak saudara maupun kerabat agar selalu berhati-hati dalam berkendara di jalan raya dan harus mengunakan Hlem,” kata dia menjelaskan.

Selain itu, pihaknya juga akan menyebar anggota kepolisian di titik-titik yang rawan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan (blackspot) di wilayah Kabupaten Tolitoli. “Operasi keselamatan ini, kami akan melakukan upaya preentif, preventif, dan prepesif atau tindakan,” tuturnya

Upaya tersebut, lebih dilakukan pada sasarannya pengguna kendaraan Roda Dua dan empat, dan penguna jalan yang melakukan pelanggaran seperti, melawan arus, tidak menyalakan lampu, menerobos lampu merah, mobil bak terbuka yang mengangkut orang, tidak memakai helm, tidak melengkapi surat-surat kendaraan, dan pelanggaran lainya.

Kasat Lantas menghimbau, untuk seluruh pengguna jalan agar tetap tertib dan santun, jangan membiasakan melanggar. Sebab hal itu akan menjadi awal dari sebuah kecelakaan. “Mari sukseskan keselamatan untuk kemanusiaan” ucapnya

Operasi Keselamatan 2019 yang digelar selama 14 hari, dimulai sejak tanggal 29 April 2019 sampai dengan 12 Mei 2019 ini. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya lebih mematuhi peraturan di jalan.”Kami terus tekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Tolitoli,” Pungkasnya. KABARTODAY.com