Musim Penghujan Tiba Babinsa Koramil 01/Baolan Karbak Bersihkan Tumpukan Material Kayu

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Babinsa Koramil 01/Baolan Kodim 1305/BT Kopda Raimon melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran Air bersama warga binaannya di desa Lampasio Dusun lanang, Minggu (29/08/2021).

Kerja bakti yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di wilayah binaan, Babinsa Kopda Raimon yang dipimpin kepala dusun bapak sina bersama warga melaksanakan kerja Bakti membersihkan saluran air yang dipenuhi tumpukan material kayu sehingga menyebabkan aliran sungai tidak lancar yang menghubungkan ke areal persawahan di dusun Lanang Desa Lampasio.

“Saluran air dan tumpukkan kayu yang ada di dalam selokan dapat menghambat aliran air apabila musim hujan,” imbuh Kopda Raimon

Pada kesempatan tersebut, Kopda Raimon memberikan himbauan kamtibmas dan juga untuk mengantisipasi musim penghujan, perlunya menjaga kebersihan lingkungan termasuk saluran air agar tidak mampet aliran air saat hujan turun.

“Kita mengajak warga desa lampasio berdialog dan memberikan himbauan, agar selama musim hujan tiba warga selalu meningkatkan kewaspadaan, jangan buang sampah sembarangan”, kata Kopda Raimon

Untuk itu selaku Babinsa, komunikasi sosial (Komsos) dilaksanakan untuk dapat memonitor di wilayah binaan dan selalu berkordinasi dengan para warga didesa mengingat wilayah ini tergolong daerah rawan bencana atau banjir, ujar Kopda Raimon

Lebih jauh Kopda Raimon mengungkapkan, kesadaran dari seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan di dusun masing-masing dengan membuang sampah pada tempatnya”, pungkasnya.

Sementara itu Danramil 1305-01/Baolan Kapten Inf Muh. Salam Mengatakan, Sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir didesa lampasio yang juga sebagai daerah yang menjadi langganan banjir, maka perlu menjadi perhatian serius bagi babinsa diwiyaah binaannya.

“Langkah yang di ambil babinsa Kopda Raimon di wilayah binaannya merupakan salah satu tugas babinsa dilapangan dalam membantu masyarakatnya dalam mencegah terjadinya banjir di areal persawahan,” Ucap Kapten Inf Muh. Salam.

Lanjut Kapten Inf Muh. Salam menambahkan, salah satu tugas babinsa di wilayah binaannya bukan hanya menjaga kamtibmas, akan tetapi bagaimana para babinsa bisa menjaga ketahanan pangan nasional.

“Ketahanan pangan menjadi salah satu tujuan utama dalam menjaga pangan secara nasional, maka dari itu di pundak para babinsa tanggung jawab diwilayah binaannya patut di berikan Apresiasi,” Pungkas Kapten Inf Muh. Salam. ***