Musdes Bukit Rawi Tetapkan Hasil Pemuktahiran Data SDGs

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – BPD Bukit Rawi menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penetapan data Sustainable Development Goals (Sdgs) desa tahun 2021 yang bertempat di Aula Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Jum’at (27/08).

Kegiatan yang beragendakan Musyawarah Penetapan Hasil Pemuktahiran Data Desa SDGs tersebut dihadiri oleh Kilat selaku Kepala Desa Bukit Rawi, Letus Pendamping Desa, Novi Pendamping Lokal Desa, Ketua RT, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Letus menyampaikan bahwa Ada 4 (empat) pembahasan survei dalam Musdes ini, yakni Survei Desa, Survei RT, Survei Keluarga dan Survei Individu.
Hasil dari pendaataan tersebut nantinya akan dimuatkan ke RKPDes dan APBDes Desa Bukit Rawi untuk desa berkelanjutan.

“Nantinya, apa saja yang akan dilaksanakan oleh Desa, akan terlihat dari hasil pendataan. Seperti, Desa Kelaparan, Desa Tanggap Kemiskinan dan Desa Tanggap Budaya,” jelas Letus.

Lebih lanjut Letus mengatakan, SDGs merupakan program pembangunan yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Selain itu ini merupakan komitmen Global maupun nasional dalam rangka mengimplentasikan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat desa.

“Oleh sebab itu, kami akan bekerja secara bersama-sama untuk memajukan Desa Bukit Rawi ini. Jadi, Pak Kades nanti tidak akan berkerja sendiri, kita akan keroyokan demi kemajuan desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kades Kilat mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Mengingat, tujuannya tidak lain untuk masyarakat desa yang dirinya pimpin.

“Untuk data sudah clear dan disepakati. Hasil final SDGs tersebut telah disetujui seluruh pihak sehingga menjadi ketetapan dan kesepakatan akhir,” singkat Kilat. KABAR TODAY.COM