Menteri PUPR Tinjau Lahan Eks PLG di Kabupaten Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, beserta rombongan meninjau dan melakukan pengecekan jalan, jembatan dan jaringan irigasi untuk mendukung food estate dan ketahanan pangan nasional di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

Kedatangan Menteri PUPR beserta rombongan disambut langsung Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo, bersama Kepala Dinas PUPR Pulpis, Usis I Sangkai, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pulpis, Slamet Untung Riyanto, serta unsur Forkopimda Kabupaten setempat, Minggu (14/09).

Dalam sambutannya, Menteri PUPR menjelaskan, tujuan kedatangannya ke Kabupaten Pulpis ini tidak lain untuk mendukung rencana presiden mengembangkan ketahanan pangan melalui penyiapan lahan Food Estate di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sama juga dengan di Kabupaten Kapuas, hari ini kita kunjungi di Kabupaten Pulpis ini meninjau rehabilitasi irigasi serta sejumlah pembangunan lainnya untuk kesiapan ketahanan pangan nasional,” katanya.

Menteri PUPR juga menegaskan, program tersebut di fokuskan ke kalimantan Tengah (Kalteng) karena menggunakan lahan eks Proyek Lahan Gambut (PLG). Dimana dari 3 calon wilayah di Indonesia yang direncanakan di Kalimantan, masih bagus sumber daya airnya.

“Pilihan Pak Presiden untuk memilih Kalteng ini memang tidak salah, karena lahan sudah siap, pengairan dan sumber daya manusia juga sudah ada. Kita tinggal memperbaharui saluran irigasi agar tidak terjadi banjir serta sarana dan prasarananya untuk mendukung program yang dicanangkan beliau,” lanjutnya.

Lebih lanjut Menteri PUPR juga mengungkapkan, selain melaporkan hasil kunjungan tersebut ke Presiden, pihaknya juga akan berkoordinasi bersama antara Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Transmigrasi serta yang terkait lainnya untuk mensukseskan semua program ini.

Sementara pada kesempatan yang sama, Bupati Pulpis, H Edy Pratowo mengatakan kunjungan yang dilakukan Menteri PUPR ini tidak lain upaya mendukung ketahanan pangan nasional, dengan merealisasikan harapan para petani di wilayah lumbung padi Kabupaten Pulpis, yakni Desa Tahai, Sanggang dan Belanti Siam.

“Hari ini Pak Menteri PUPR, meninjau saluran irigasi pertanian primer dan sekunder, perencanaan rehabilitasi saluran rawa, pintu-pintu air, akses jalan dan jembatan khususnya untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” terang Bupati.

Menurut Edy, ini merupakan sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membangun sarana dan prasarana dengan baik. Sebagai harapan untuk menjadikan Kabupaten Pulpis sebagai salah satu daerah ketahanan pangan akan terwujud.

“Hasil kunjungan menteri PUPR ini akan kita tindak lanjuti dan koordinasikan bersama, karena ini adalah pekerjaan besar dan diharapakan dengan koordinasi ini akan menghasilkan program yang baik,” tandasnya. KABAR TODAY.COM