Menakjubkan, Kegiatan Ijtima Se Asia Di Hadiri Ratusan Ribu Jamaah

19 / 03 / 2020

Kabartoday.com, Gowa – Pelaksanaan Ijtima Jamaah Se Asia yang berlangsung di Pakatto – Makassar sejak Tanggal 19 sampai 22 Maret 2020 dihadiri ratusan ribu jamaah, yang datang dari Negara – Negara Asia dan seluruh daerah di Indonesia.

Hasil pantauan wartawan media ini, Sejak Senin 16 Maret jamaah dari daerah Jawa, Kalimantan, dan Papua serta sebagian Sulawesi sudah berada di loakasi, baik itu melalui jalur darat, udara dan laut.

Jamaah yang datang sebagian merupakan jamaah yang sejak dua sampai empat bulan keluar berjamaah di sekitaran wilayahnya, dan berkumpul secara serentak di Pakatto – Makassar.

Sampai dini hari Kamis 19 / 03 / 2020 semua jamaah masih sajah terus berdatangan baik itu dari semua Kabupaten / Kota di Indonesia maupun jamaah dari negara tetangga.

Kedatangan jamaah secara bergelombang sangat menyita perhatian masyarakat di Makassar dan tempat lokasi berlangsungnya acara Ijtima Se Asia, mereka datang secara berkelompok dari berbagai gabungan jamaah maupun individu.

Panitia secara tertib mengatur setiap kedatangan jamaah dengan kendaraan roda dua dan empat saat mulai masuk dari pintu depan, dan tempat parkiran yang sudah di siapkan panitia dengan tiga titik lokasinya,  sampai menuju k tenda – tenda untuk di jadikan istirahat sekaligus tempat sholat dan mendengar secara langsung ceramah ( Bayam ) dari para mubalig ( Masyekh / Ulama ) baik itu dari Indonesia maupun dari negara – negara Arab.

Jamaah di wajibkan menjalankan sholat lima waktu secara berjamaah sekaligus makan bersama dalam satu tempayan dengan menukarkan setiap kupon ke pada panitia, yang di mana dalam satu tempayan banyak jamaah makan bersama sebanyak empat orang.

Terkait fasilitas yang di siapkan berupa tenda istirahat, kamar kecil ( WC ), tempat wudhu dan tempat mandi berupa terpal yang di buat layaknya seperti loyang besar serta dapur masak untuk jamaah. ( Nasir Tula )