‘Memasuki Masa Tanam’ Serda Lukas Dan Masyarakat Bersihkan Irigasi

Tolitoli, Sulteng | Kabartoday.com – Demi menjaga ketahanan pangan Nasional ditengah pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan, dan menghadapi musim tanam padi yang tinggal beberapa saat lagi Babinsa Koramil 1305-03/Dampal Utara melaksanakan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi.

Babinsa Koramil 1305-03/Dampal Utara Serda Lukas kepada media mengatakan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi menuju persawahan Sabtu pagi (21/8/2021) dilakukan bersama aparat Desa dan Kelompok Tani Sukamaju Desa Bambapula.

“Kami melaksanakan kerja bhakti pembersihan saluran irigasi menuju persawahan secara bahu membahu,” Ucap Serda Lukas

Ia menambahkan, Hari ini kami memanfaatkan waktu untuk bergotong royong untuk membersihkan irigasi yang nantinya akan digunakan mengairi persawahan di Desa Bambapula.

“Karena saat ini, untuk menentukan keberhasilan padi petani selama bercocok tanam, saluran Irigasi lah yang paling sangat menentukan dalam mengaliri air masuk kesawah,” Ujar Babinsa Serda Lukas.

Sementara itu Danramil 1305-03/Dampal Utara Letda Inf Samsul mengatakan untuk meningkatkan hasil produksi/panen padi para petani disawah yang paling menentukan adalah sistem pengairan air kesawah.

“Hasil pertanian dapat meningkat bilamana saluran irigasi airnya bisa berjalan baik saat mengaliri persawahan,” Ungkapnya

Ia menambahkan apa yang dilakukan Babinsa Bambapula Serda Lukas saat merupakan wujud nyata TNI bersama masyarakat, dalam meningkatkan hasil pertanian.

“Salah satu bentuk kerja nyata yang di tunjukkan TNI Melalui Babinsa dilapangan adalah komunikasi Sosial (Komsos) yang harus terus dibangun, sehingga kebersamaan TNI dan rakyat bisa betul betul terjaga dan dirasakan masyarakat, karna TNI adalah rakyat dan akan kembali ke rakyat,” Pungkasnya *** erwin***