Lawan Karhutla, Polsek Kahayan Hilir Gelar Penandatangan Komitmen

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Upaya untuk mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau (Pulpis) melaksanakan kegiatan Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan, Penanggulangan dan Deklarasi Bersama Lawan Karhutla yang digelar di Gazebo Mako Polsek Kahayan Hilir, Rabu (03/06) pagi.

Selain Kapolsek Kahayan Hilir, kegiatan tersebut juga dihadiri Kapospol Mintin beserta anggota, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Danramil 1011/KLK, Kapten Arh. Yulius, Ketua Organisasi Masyarakat se-Kecamatan Kahayan Hilir, Kades/Lurah se-Kecamatan Kahayan Hilir, MPA se-Kecamatan Kahayan Hilir serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolres Pulpis AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Kahayan Hilir, IPDA. Widodo, SE.,menyampaikan bahwa kegiatan tersebut membentuk komitmen dan menyamakan persepsi dalam mempersiapkan diri menghadapi musim kemarau yang akan datang, khususnya di Kecamatan Kahayan Hilir dan sekitarnya.

“Data dari BMKG memperkirakan musim kemarau di Kabupaten Pulpis lebih pendek dibanding tahun sebelumnya. Dan, dengan pendeknya masa musim kemarau ditahun ini, semoga Karhutla dapat kita tanggulangi sedini mungkin,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, dampak kerugian yang ditimbulkannya akibat Karhutla sangat banyak, belum lagi ekosistem yang punah akibat kebakaran tersebut. Mengingat rentannya Karhutla diwilayah Kahayan Hilir, dirinya memohon agar semua lapisan masyarakat dapat bekerjasama untuk menekan maupun mengantisipasi Karhutla.

“Stop Karhutla, jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena hal tersebut dapat memicu terjadinya Karhutla,” pintanya.

Hal senada juga disampaikan Danramil 1011/KLK, Kapten Arh. Yulius, Karhutla di Kabupaten Pulpis, terjadi hampir setiap tahunnya, maka dari itu apabila ada titik Hotspot dimanapun berada dan kapanpun itu harus segera dilaporkan untuk segera ditindak lanjuti.

“Untuk menanggulangi Karhutla, saya harapkan Kades/Lurah diwilayahnya masing-masing agar lebih sering menggelar rapat dalam mensosialisasikan pencegahan Karhutla bersama masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Kahayan Hilir, Sugondo dalam kesempatan itu menekankan kepada semua warga masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar terbebas dari Karhutla. Menurutnya, kalau Karhuta bisa dicegah atau ditanggulangi, maka lingkungan juga akan sehat.

“Karena kesehatan itu adalah salah satu kunci utama dalam pembangunan. Oleh sebab itu, selaku Camat saya menghimbau kepada semua instansi, Ormas dan seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pencegahan Karhutla di wilayah Kahayan Hilir,” singkatnya. KABAR TODAY.COM